INCUBUS , Kombinasi hip-hop, metal, funk, and thrash yang menggetarkan telingaku

Band ini terbentuk ketika Brandon Boyd, Mike Einziger, Alex Katunich, Jos é Pasillas bertemu di sekolah menengah di Calabasas, California (di San Fernando Valley) dan mulai manggung di sekitar Southern California. Kemudian pada taun 1995 mereka merekrut Gavin Kopell (DJ Lyfe) pada sektor turntable (DJ). Nama INCUBUS Ssendiri diambil dari nama setan dalam legenda yang muncul dalam mimpi ini dibentuk di tahun 1993. Setelah mencoba membuat demo beberapa kali, akhirnya Incubus mendapat kontrak rekaman dari Immortal Records dan melepas album ENJOY INCUBUS awal 1997. 2 tahun sebelumnya Incubus pernah merilis indie album dengan judul FUNGUS AMONGUS. Album FUNGUS AMONGUS ini kemudian juga dirilis oleh major label setelah ENJOY INCUBUS.

1998, Chris Killmore bergabung untuk menggantikan posisi Gavin Kopell yang dipecat karena perbedaan kreatifitas. Mike sempat tidak berminat lagi menambah personel, namun setelah bertemu dengan Chris nampaknya ada kecocokan antar mereka. Dengan formasi ini, Incubus sempat melepas 3 album: MAKE YOURSELF, WHEN INCUBUS ATTACKS, dan MORNING VIEW sebelum akhirnya Alex Katunich mengundurkand diri dan digantikan oleh Ben Kenney pada 2003.

Incubus selama aktifnya telah merilis 8 studio album dengan album terakhirnya LIGHT GRENADES 2006 kemarin. Album ini sempat bertengger di peringkat 1 US Charts walaupun di Inggris cuma mampu berada di tangga 52. 3 album terakhir Incubus nampaknya selalu mendapat tempat terhormat di US Chart. Walaupun tidak menduduki peringkat 1, namun MORNING VIEW dan A CROW LEFT OF THE MURDER sempat berada di tangga ke 2.

Single-single Incubus macam Drive, Megalomaniac, Pardon Me, Nice to Know You, dan Anna Molly termasuk sukses dan mampu menembus 10 besar tangga lagu di Amerika Serikat. Kabarnya single Megalomaniac sempat dicekal MTV untuk penayangan siang hari karena dianggap memuat kritik pedas terhadap pemerintahan presiden Bush. Namun justru Incubus justru tidak keberatan dan malah senang lagu mereka ditayangkan MTV hanya setelah larut malam.

Incubus mencetak sukses besar di bidang musik dan lagu lagu mereka laris diputar di banyak radio sejak tahun 1999 lalu dengan single Drive dari album Make Yourself. Lagu yang bercokol di #1 di tangga lagu tangga lagu Modern Rock ini juga masuk dalam Top 40. Lalu diteruskan dengan hit hitnya lainnya macam Wish You Were Here, Nice To Know You dan lainnya. Dan kali ini, siapkan telinga Anda untuk mendengarkan yang terbaru dari INCUBUS, A Crow Left Of The Murder.

Sebuah single dipersiapkan berjudul Megalomaniac yang masih melafaskan musik hard-rock unik Incubus. Diawali dengan denyut instrumental unik, Megalomaniac pelan pelan merayap dan berubah menjadi sesuatu yang besar. Karena menghentak secara perlahan, single ini memberi ruang bagi pendengarnya untuk merasakan gerakan gelombang elektronik masuk ke dalam nadi nadi darah. Ketika kamu pikir kamu terbuai, tiba tiba suara Brandon Boyd masuk menyergap: Hey megalomaniac, you're no Jesus/ Yeah, you're no fucking Elvis/ Wash your hands clean of yourself baby/ And step down, step down, step down.

Video klip Megalomaniac dibuat oleh sutradara beken Floria Sigismondi, yang mengilustrasikan dilema klise antara pemisahan sisi politikal dan personal.

Dalam single lainnya, Pistola Boyd juga menampilkan kekuatan vokal yang seru untuk dibawakan secara live. Perpaduan Alice In Chains dan Beatles bertemu di sini. Suasana lantang di sini beda dengan mood yang ditawarkan single Agoraphobia (boasting a huge pop chorus), Beware! Criminal dan Leech yang mengeksplorasi musik ke arah pop.

Keunikan Incubus itulah yang menghasilkan plakat double-platinum untuk album Make Yourself (1999), dan melejitkan hit Pardon Me, Stellar dan Drive ke Top 10. Hal yang sama untuk album Morning View (2001), dan langsung bercokol di #2 dalam Billboard 200 dan menempatkan single I Wish You Were Here di #2, hit Warning di #3 dan Nice To Know You di #9. Catatan tambahan, Incubus adalah salah satu dari sedikit band rock yang mampu menjaring banyak penggemar dari banyak kalangan. Permainan mereka selalu disambut meriah dari gig nge-rock sampai yang suka disko macam Moby. Hebatnya reputasi ini dapat dipertahankan lebih dari sepuluh tahun mereka berkarya. Rahasia uniknya Incubus memang terletak di keberanian dan konsistensi mereka untuk mencoba banyak aliran musik menjadi suara melodik yang pas dibawakan di tengah orang banyak. Didukung juga dengan kekompakan dari para personil band yang satu perasaan dalam menyusun materi lagu.

Sumber : kapanlagi dan majalah rollingstone

Note : Posting Incubus + dengerin lagu mereka bener2 Enjoyincubus...

5 Comments

  1. Thanks to Nella yang telah mengajakku untuk menyukai lagu2 incubus...Just be honnest...could you???
    You should be carefull what you wished for, cause everyone of us has the devil inside....

  2. Lagi suka "love hurt"-nya incubus nih,

    Udah lama ga main kesini? Sehat sob?

  3. baru kenal kemaren kemaren sih sama ini band..
    dan lagunya juga lumayan ok..

  4. moga kapan kapan band ini mampir ke indonesia lagi..

  5. wah, kl yang kaya gini membuat telinga sakit mas..

Post a Comment

- Blog ini DoFollow tapi dimoderasi.

- Silahkan gunakan Name Author sebagai Keyword karena Link Live tidak diperkenankan.

- Link taruhan & lendir tidak diperkenankan.