Pengaruh pemilihan themes pada SEO

Membuat sebuah web atau blog pastinya kita ingin dengan tampilan yg baik, isi yg menarik, layout yg baik juga dan tak lupa themes atau template yang indah (selanjutnya "themes') biar enak diliatnya juga biar tampilan web/blog (selanjutnya 'blog') kita menjadi cantik sehingga orang2 yg berkunjung menjadi betah karena indah dan cantiknya blog kita (semua kategori ada di blog ku ini..ouuhh...betapa jeniusnya aku...hohohohoohooo...) Memang semua itu gak mewakili orang akan berkunjung ke blog kita ataopun.....
(upss...musiknya mati..bentarrr...puter dulu..)

(lanjutttt...lagunya Sinead O' Connor - Nothing Compare)

blog kita terus keindeks dan jadi urutan pertama (katakanlah 10 besar lah..) di search engine ketika ada yg mencari sesuatu yg berkaitan dengan isi blog kita tapi setidaknya kita mendapat nilai plus (gak tau plus nya dimana..????) jika blog kita seperti itu.

Ngomongin themes yg membuat blog kita cantik..heheheheee.. setelah saya search di mbah Google ternyata berpengaruh pada SEO alias Search engine optimization. Mungkin sobat2 dah pada tau karena dah lama ngblog sedangkan aku kan masih bayi..hikss..hikss.. Kalo yg udah ngerti diem ya..

Ketika sobat mau buat buat blog, pastikan sobat milih themes atau template yg baik. Kriteria baik di sini ak gak tau persis, ale relatif. Lha trus kenapa nulis soal ini?? Sekedar info aja,hehehehe...

Kenapa themes berpengaruh pada SEO?? Ada beberapa hal penting yg mempengaruhinya.
1. crawler search engine akan membaca isi suatu halaman situs web dengan acuan atas-bawah kiri-kanan. Ini sebabnya, dari sudut pandang SEO, sangat penting untuk meletakkan content utama kita di bagian atas dan di sebelah kiri.
2. sebaiknya jangan pilih themes yg side barnya ada di kanan serta kiri jika di liat dari no 1.
3. crawler tidak membaca output dari halaman yang bersangkutan, melainkan kode HTML dari halaman tersebut. Ini pula sebabnya sekarang sebagian crawler mesin pencari, termasuk Google, sudah dapat membaca content yang ada di dalam form dan Javascript.

Walaupun demikian, itu bukanlah patokan dalam pemilihan themes karena semua itu pilihan masing2.

Khusus themes wordpress
Khusus untuk themes wordpress, seperti kita tau di beragam content management user dan pengguna mempunya hak untuk merubah tampilan dengan dimudahkan. Dan effect disini, beberapa desainer tidak mengikuti kaedah dari tips-tips SEO yang seharusnya yg ada seperti:

* Membedakan Jenis Content, seperti Judul Post dengan heading h2, content dengan p, judul utama dengan heading h1[/*:m:khtafctv]
* Belum dioptimasi dengan kode XHTML dan CSSnya sehingga mengakibatkan mesin pencari kesulitan meng indeks situs tersebut.[/*:m:khtafctv]
* Ukuran File melebihi standar agar mesin pencari mengindeksnya[/*:m:khtafctv]


So, mengetahui source code themes yg kita pakai bisa juga dijadikan pegangan dalam pemilihan themes biar kita lebih mantabh lagi ketika akan menggunakannya. Source code themes yang baik tentunya mengdukung kaedah SEO.

Lha??katanya pilih themes yg cantik..?? waduhhh..terserah sobat aja lah.. :-)

3 Comments

  1. saya lebih suka memakai theme buatan sendiri dengan kode html. Sebab SEO on page nya bisa kita lebih optimalkan sesuai dengan keinginan kita

  2. Terimakasih informasi pengaruh themes pada SEO

  3. Kebetulan saya belum tahu, sebab masih bayi abang.... Terimakasih

Post a Comment

- Blog ini DoFollow tapi dimoderasi.

- Silahkan gunakan Name Author sebagai Keyword karena Link Live tidak diperkenankan.

- Link taruhan & lendir tidak diperkenankan.