Joomla

Mungkin sobat semua sudah pada mengerti tentang joomla tapi gak ada salahnya mengingat kembali apa itu Joomla. Aku sendiri belum terlalu paham akan joomla. Pengen belajar tapi masih males,hehehheee.. Kebetulan temen chatting aku meminta untuk mempostingkan artikel tentang joomla walopun sebatas pengertian aja.

Joomla adalah Sistem Manajemen Konten (SMK atau CMS) yang bebas dan terbuka (free opensource) ditulis menggunakan PHP dan basisdata MySQL untuk keperluan di internet maupun intranet. Joomla pertamakali dirilis dengan versi 1.0.0. Fitur-fitur Joomla! diantaranya adalah sistem caching untuk peningkatan performansi, RSS, blogs, poling, dll. Joomla! menggunakan lisensi GPL.

Asal kata Joomla sendiri berasal dari kata Swahili yang mengandung arti "kebersamaan".

Prinsip Dasar Joomla

Secara garis besar dan gamblang, Joomla! terdiri dari 3 elemen dasar, yaitu server web (webserver), skrip PHP dan basisdata MySQL. Server web diasumsikan terhubung dengan Internet/Intranet yang berfungsi sebagai penyedia layanan situs. Skrip PHP terdiri dari kode program dalam bahasa PHP dan basisdata merupakan tempat penyimpanan konten. Joomla menggunakan Apache sebagai server web dan MySQL untuk basisdatanya.

Pertamakali, pengguna meminta akses terhadap halaman Joomla dengan mengeksekusi URL pada browser web yang kemudian terhubung dengan server web. Permintaan ini yang dalam istilah teknis lebih dikenal dengan query string selain terdapat URL juga mengandung parameter konten (section, category, ID article dan lain-lain). Berdasarkan parameter tersebut, sistem skrip Joomla melakukan kontak dengan basisdata dan mengambil konten yang dimaksud berdasarkan parameternya. Terakhir, konten dan templat (template) digabung bersama dan kembali sebagai halaman html, gambar, css dan javascript.

Paket Joomla! terdiri dari beberapa bagian yang terpisah dan termodul yang sangat fleksibel, dapat dengan mudah dikembangkan dan diintegrasikan. Sebagai contoh "plugins" WikiBot yang memperbolehkan penulis di Joomla menggunakan "Wikitags" pada bagian artikel yang fungsinya secara otomatis membuat pranala dinamis ke artikel Wikipedia pada saat ditampilkan. Ada lebih tersedia 1,700 "plugins" yang secara resmi didelegasikan oleh OpenSourceMatters tersedia di http://extensions.joomla.org/ dan saat ini secara resmi dipindahkan ke http://joomlacode.org dengan dukungan server yang lebih lengkap.

Untuk lebih mengerti akan Joomla,silahkan menuju ke http://www.id-joomla.com. Sebuah situs komunitas pengguna Joomla Indonesia.

Sumber : Wikipedia

Dunlud tutorial membangun web dengan Joomla untuk pemula (kaya aku,heheheee....)

Untuk bru hcats_2. Maaf jika tidak sesuai dengan yg di maksut. Semoga bermanfaat.

Note : Jika sobat cuka chatting dengan mig33, sobat bisa dunlud aplikasi mig33 seperti kick tools, flood, dll di alamat blog temen aku, hcats_2 tapi pergunakan dengan bijak :-)

3 Comments

  1. sekarang Joomla sudah ada versi update 1.5.15. Silahkan di-download ;)

  2. @ Sobat Hanum : Terimaksih atas infonya..

  3. kalau sudah belajar, tolong bikinin templatnya Ireng versi Joomla

Post a Comment

- Blog ini DoFollow tapi dimoderasi.

- Silahkan gunakan Name Author sebagai Keyword karena Link Live tidak diperkenankan.

- Link taruhan & lendir tidak diperkenankan.