Bagaimana Melindungi Komputer Sobat Dari Serangan Conficker Worm

Apa itu Conficker Worm?? Conficker merupakan sebuah worm computer yang muncul di tahun 2008 dengan target penyerangan utamanya adalah System Operasi Microsoft Windows. Conficker Worm secara otomatis menyebarkan dirinya dengan memanfaatkan kelemahan buffer overflow yang terjadi di service komputer windows. Worm ini menggunakan spesial RPC request untuk mengeksekusi code miliknya di komputer target.

Dari newsletter Ehow, apabila komputer sobat terserang Conficker Worm, berikut ini langkah2 untuk mengatasinya :

1. Perbaharui antivirus komputer sobat. Putuskan koneksi internet komputer sobat jika sobat merasa komputer sobat telah terinfeksi Conficker Worm.

2. Nonaktifkan auto-play pada Windows.
Untuk Vista: Start> Control Panel> klik Play dari CD atau media lain secara otomatis> matikan Autoplay untuk semua media dan perangkat. > Klik OK.

Untuk XP: Start> Run Masukkan GPEDIT.MSC> Kotak dialog akan muncul. Pada panel kiri, klik dua kali Computer Configuration> Administrasi Templates> System> Double-klik Turn off Autoplay.

Alasan di balik menonaktifkan autoplay adalah Conficker dapat menyebar melalui USB flash drive yang telah terinfeksi Auto-play drive masih aktif. Menonaktifkan auto-play adalah cara yang baik untuk mengantisipasi terhadap kode yang secara otomatis langsung terakses ke komputer kita.

3. Jika komputer telah terserang Conficker Worm, JANGAN LAKUKAN SYSTEM RESTORE. Seperti kebanyakan malware, Conficker akan hang ketika restore dan beraktivitas kembali ketika melakukan system restore. Manfaatkan juga solusi anti-virus seperti AVG, Avast, atau Malwarebyte Anti-Malware. Sekali lagi, putuskan koneksi internet komputer adalah penting untuk mencegah penyebaran dari Worm. Perangkat Lunak windows Removal Tool juga dapat dijadikan pilihan untuk mendeteksi dan menghapus Conficker Worm.

4. Download Microsoft update patch KB958644 (MS08-067). Ini akan memperbaiki kerentanan keamanan yang dieksploitasi oleh Conficker Worm


**********************************
- Hasil translatenya agak ngawur,hehehehe..
- Aku gak tau ciri2 komputer yg telah terserang Conficker Worm
- Untuk lebih jelasnya, langsung aja ke sumbernya, EHow

Trimaksih untuk : EHow dan http://adam.cikal.net

3 Comments

  1. terimakasih tutornya sob

  2. @ Sobat anak nelayan : Sama2 bru. Semoga bermanfaat

  3. tutorialnya membuka mata hati.. hehe.. maksudnya pikiran dan wawasan..

Post a Comment

- Blog ini DoFollow tapi dimoderasi.

- Silahkan gunakan Name Author sebagai Keyword karena Link Live tidak diperkenankan.

- Link taruhan & lendir tidak diperkenankan.