Skip to main content

Pilihan Kode Untuk Membuat Widget Blog Dari Muncul Menjadi Menghilang

Kepanjangan gak ya judulnya?? Bener gak ya judulnya??hehehhe..Lha aku bingung mau kasih judul apa ale gak tau definisi postingan ini intinya apa tapi kalo sobat baca mpe slese postingan ini, sobat akan mengerti apa maksutnya Pilihan Kode Untuk Membuat Widget Blog Dari Muncul Menjadi Menghilang

Seperti yang kita tau, sekarang banyak macam2 template untuk blog dan salah satunya adalah Magazine Style Template seperti Arthemia Template yang aku gunakan ini, Zinmag Remedy, dll. Ciri khusus pada Magazine Style Template adalah ada widget yang akan hilang apabila kita membaca artikel postingan secara keseluruhan atau hanya ketika Kategori Postingan/Label diklik. Sebagai contoh, template yang aku gunakan ini. Widget BROWSE CATEGORIES akan hilang apabila sobat mengklik Kategori Postingan/Label pada blog ini atau membaca artikel postingan secara keseluruhan.

Bagaimana widget tersebut bisa hilang?? Tentunya ada kode khusus. Nahh..Dari brosing2 mencari kode tersebut dan dari liat2 kode HTML pada template Magazine Style yang aku gunakan, ternyata ada dua jenis kode dan masing2 kode berbeda waktu kerjanya dalam menghilangkan suatu widget.

Terus..apa aja kodenya?? Katanya ada dua..

1. Kode pertama

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>

widget yang akan dihilangkan

</b:if>


2. Kode ke dua

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>

Widget yang ingin di hilangkan

</b:if>


Bedanya dimana??

- beda penulisan kodenya,halah..wis jelas nek kui,wkekekekkeee...
- Pada kode pertama, widget baru akan menjadi hilang apabila sobat membaca artikel secara keseluruhan (READMORE..) dan belum hilang ketika sobat mengklik Kategori Postingan/Label. Sebagai contoh bisa bisa liat widget Blog Sobat-Ku di blog ini. Widget tersebut baru hilang ketika sobat membaca artikel postingan secara keseluruhan (mengklik Lanjutin bacanya..) dan belum hilang ketika Kategori Postingan/Label diklik.

- Pada kode ke dua, widget akan hilang WALAUPUN sobat atau pengunjung cuma mengklik Kategori Postingan blog. Sebagai contoh bisa diliat disini. Pada widget dengan judul Demo Tabview Versi I (ShadeTabs) saat tampilan URL awal (home), widget tersebut masih ada tetapi kalo sobat klik Kategori Postingan/Label, widget tersebut akan hilang.

So..beda cara kerja antara kedua kode tersebut terletak pada saat sobat/pengunjung blog mengklik Kategori Postingan/Label

Untuk penempatan kodenya sendiri, sama. Tinggal sobat tentukan sendiri apakah widget sudah hilang saat Kategori Postingan diklik atau berharap baru hilang saat membaca seluruh postingan (Readmore).

Caranya??

Aku gak tau secara persis kode sebuah widget diawali n diakhiri dengan kode apa, tapi biasanya seperti ini,hehehehehe..

Berikut ini adalah kode asli suatu widget (Add HTML/Script pada Page Element) :


<b:widget id='HTML1' locked='false' title='' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<!-- only display title if it's non-empty -->
<b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
<h2 class='title'><data:title/></h2>
</b:if>
<div class='widget-content'>
<data:content/>
</div>

<b:include name='quickedit'/>
</b:includable>
</b:widget>
</b:section>


** Perhatikan kode yg berwarna merah


1. Apabila sobat ingin memakai kode yang pertama, maka kode widget akan menjadi seperti berikut :

<b:widget id='HTML1' locked='false' title='' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<h2 class='title'><data:title/></h2>

<div class='widget-content'>
<data:content/>
</div>
</b:if>
<b:include name='quickedit'/>
</b:includable>
</b:widget>
</b:section>


Save

**Perhatikan kode yang berwarna merah


2. Apabila sobat ingin memakai kode yang ke dua, maka kode widget akan menjadi seperti berikut :

<b:widget id='HTML1' locked='false' title='' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<h2 class='title'><data:title/></h2>

<div class='widget-content'>
<data:content/>
</div>
</b:if>
<b:include name='quickedit'/>
</b:includable>
</b:widget>
</b:section>


Save

**Perhatikan kode yang berwarna merah


Tinggal diliat deh hasilnya..


Yupp..begitulah perbedaan cara kerja kedua kode tersebut dalam menghilangkan suatu widget. Ehmm..pilih salah satu atau mau mengkombinasikan keduanya??

(Akhirnya slese juga..huhh...capek juga ya ngetiknya..)

Terimakasih

Popular posts from this blog

Jangan pernah takut dibenci orang lain

Perkataan,perbuatan,penampilan,tingkah laku kita,dll entah itu secara sadar ato tidak sadar bisa membuat orang lain benci,marah,tidak suka atau apalah itu yg sejenis, haiah..kaya homo ae..upss... Cara ngungkapinnya juga bisa secara langsung, "Aku benci kamu.." atau mungkin cukup dalam hati aja,kaya judul lagu???

Keadaan tersebut sadar atau tidak kita sadari sering kali terjadi disekitar kita,baik itu ma temen sendiri atau mungkin ma orang lain yg gak kita kenal sekalipun. Jika hal tersebut terjadi pada diri sobat?? Gimana dan bagaimana perasaan sobat?? Stay cool kah?? marah2 kah?? Balik benci ma orang itu kah?? atau kah..kah..yg lain?? halah..opooo..kuii..

Jangan pernah takut dibenci orang lain

Setiap orang punya karakter sendiri2 yang mencerminkan dirinya,baik itu dari segi penampilan,sikap,tingkah laku dll. Kasarannya, INILAH AKU.. Urusan orang suka atau gak suka ma apa yg ada dalam diri kita,emang aku pikirin,haiah..

Cara orang menilai orang lain beda2. Kalopun ada orang yang…

Axorys : Responsive Blogger Template - 8 Pilihan Style

Beberapa hari lalu, rilis Axorys Blogger template tapi itu adalah Versi Gratis. Dan sekarang, saya merilis Versi Premium. Secara umum, fiturnya sama dengan yang versi gratis tapi saya tambahkan beberapa fitur baru.

Fitur Axorys Blogger Template Versi Premium8 predefined styles : Axorys Blogger templtae premium versi tersedia dalam 8 varian styles. Anda bisa pilih yang sesuai.

List of styles :
Big Header
Big Header Small ThumbnailBig Header Big ThumbnailBig Header Masonry StyleBig Header Default Style (support jump-link)Shrink Header
Shrink Header Small ThumbnailShrink Header Big ThumbnailShrink Header Masonry StyleShrink Header Default Style (support jump-link)Fully responsive Blogger template : Semua styles Axorys Blogger template sudah responsive.
Template Designer : hampir semua variable mendukung Template Designer. Anda bisa mengganti gambar latar, warna latar, warna link, tipe font, ukuran font, warna font, dll dengan mudah.
Featured posts : Penambahan featured posts untuk postingan yan…

Ini Konser Iwan Fals dan Slank !!

Sebuah konser musik tidak afdol apabila tidak ada penontonnya. Segala macam cara kadang dilakukan hanya untuk melihat artisnya beraksi dipanggung. Entah itu dengan manjat, nunggu jebolan, ato jika di pinggiran tempat konser ada pohon tinggi, rela naek itu pohon walopun anginnya gak lagi sepoi-sepoi.

Ada yang menarik jika saya mengamati konser2 musik, terutama konser musik diluar (outdoor) entah itu dari berita di tipi, atau lihat langsung. Bukan pada artisnya yang lagi manggung. Bukan pada tampilan panggungnya. Bukan pada tata panggungnya. Bukan pula pada tata suaranya tetapi pada penonton yang melihat konser tersebut.

Hampir sebagian besar konser musik outdoor, bendera OI (Orang Indonesia - Iwan Fals) dan Slank berkibar mewarnai konser padahal konser yang berlangsung bukan konser Iwan Fals ataupun konser Slank !! Gak peduli itu konser dangdut, konsernya Padi, Dewa, atau band lain atau konser kompilasi band2. Bendera OI dan Slank selalu berkibar ditengah2 para penonton.

Sebuah pertanyaa…