Skip to main content

Belajar SEO Para Pemula (Apa dan Bagaimana SEO itu??)

" Belajar SEO Para Pemula (Apa dan Bagaimana SEO itu??) "

1. Apa itu SEO??

SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimatization yaitu ilmu yang mempelajari tentang cara mengoptimalkan suatu web/blog agar terbaca dengan baik (sukur2 nomer 1,heheheee..) dimata search engine/mesin pencari seperti google dan yahoo ketika seseorangan mengetikkan suatu kata kunci tertentu.

2. Apa fungsi SEO??
Fungsi SEO adalah untuk meningkatkan trafik sebuah web/blog agar terbaca dengan baik oleh search engine/mesin pencari seperti Google atau yahoo ketika user mengetikkan keyword.

3. Apa saja komponen SEO??
Seo mempunyai 2 komponen penting yaitu keyword dan link atau tautan. Pemilihan keyword yang baik akan memudahkan blog berada diurutan atas ketika user mengetikkan keyword pada search engine. Sedangkan link akan membantu menentukan popularitas blog. Semakin banyak link yang masuk ke blog sobat, semakin baik.

4. Apa manfaat dari SEO??
Hampir sebagian besar pengguna internet mengunakan fasilitas serach engine untuk mencari sesuatu. Jika kita pandai dalam ilmu SEO dan menerapkan ke web/blog yang kita punya, tentunya hal ini akan memudahkan user menemukan web/blog kita.

5. Bagaimana cara kerja SEO??
Inti dari SEO adalah search engine itu sendiri. Cara kerja search engine yaitu dengan crawler/spider, mencari informasi di internet berdasarkan kata kunci atau frase tertentu yang diketikkan user (misal Belajar SEO Para Pemula). Selanjutnya search engine membuat indeks hasil temuannya tersebut, dan dimana mereka menemukannya. Terakhir, indeks tersebut dikumpulkan dalam databases, untuk memudahkan search engine menampilkan hasil pencarian yang dilakukan oleh pengguna. Tentunya akan lebih mudah bagi search engine menemukan web/blog kita jika kita pandai dalam ilmu SEO.

6. Bagaimana memaksimalkan SEO di blog??
Banyak cara untuk "memaksa" search engine mampir ke web/blog. Pengoptimalan meta tag, pengoptimalan judul artikel/postingan, dummy post, submit ke search engine, submit ke sosial bookmarks, submit ke blog directory, dll. Posting yang berkala juga penting.

7. Strategi SEO apa yang efektif??
Selain yang telah disebutkan pada nomer 6, beberapa hal lain yang mendukung SEO seperti punya domain sendiri, penggunaan keyword yang baik, postinga yang lagi populer, penyisipan keyword pada content, manfaatkan alt tags pada img tags, backlink (yang bermutu), riset keyword, informasi yang gratisan, link download, content porno/bokep (yang ini ampuh tapi sebaiknya dihindari, halah..), informasi yang banyak dicari orang, content yang berhubungan dengan keyword, penggunaan tools SEO, aksesibilitas dan standard, keyword density dan keyword evectiveness, dll

Masih banyak lagi yang berhubungan dengan SEO. Apa yang diatas hanya sebagian kecil karena aku sendiri juga masih belajar.

Postingan ini sendiri bertujuan untuk mencoba mengikuti kontes SEO, Belajar SEO Para Pemula yang diadakan oleh ayomaju.com. Huff..akhirnya niat untuk mengikuti kontes ini ada juga (kontes selanjutnya menyusul??) setelah sekian lama cuma tau infonya, halah.. Ini adalah kontes pertama yang aku ikuti. ** haiah.. gak tanya reng !! **

** Jah..panjang2 intinya mah cuma ikutan kontes..Dasar kamu, ireng.. **

Daripada cuma sekedar ngasih informasi kalo ada kontes SEO untuk para pemula yang mungkin sobat2 sudah pada tau, mending aku sisipin sekalian, hehehehee.. Sapa tau aja postingan ini mendukung dalam keikutsertaan aku di kontes SEO Belajar SEO Para Pemula (halah..ngarep..)

Note : Ini merupakan rangkuman dari artikel2 dari sumber2 postingan tentang SEO yang aku baca2. Jika salah, mohon dikoreksi. Aku ucapkan banyak terimakasih. Maaf, gak bisa ngelink ke sumbernya langsung.

Popular posts from this blog

Oslanis Blogger Template

Salam.. Setelah kemarin rilis Axorys Blogger template, berikut ini template Blogger terbaru dari saya. Saya beri nama Oslanis Blogger Template. Secara khsusus, Oslanis Blogger template cocok untuk blog bertema fashion tapi bisa juga untuk semua tema.

Fitur Oslanis Blogger TemplateFully responsive Blogger templateMendukung Template Designer warna latar, gambar latar dan juga warna latar widget sidebar. Untuk variabel lainnya, bisa diedit via Edit HTMLMendukung browser yang umum dipakai oleh user.Mendukung konten slider.Responsive dropdown menu.Responsive video.Mendukung font icon from Font Awesome.WidgetableRelated posts dengan thumbnail.3 column footerAuto crop thumbnail dengan ukuran yang proporsional tidak ditarik/diregangkanRecent post and komen dengan thumbnailMendukung iklandan lainnya
Lihat juga :
Axorys Blogger Template. A Blogger template dengan 8 predefined styles.

Untuk setting dan download, silahkan menuju ke postingan Oslanis Blogger template ini.

Ganti Desain Template (Lagi)

Salam..

Sudah lama gak update Blog Ireng ini. Berhubung pengen coba jualan premium Blogger template, sekalian saja redesain blog ini. Premium templatenya sendiri hampir selesai. Semoga ajah bisa rilis bulan ini.

Desain template baru ini sebenarnya desain lama yang diambil dari blog Main Blogger dengan sedikit ubahan.

Oya, blog ini masih blog DoFollow tapi tetep saya moderasi. Keyword bisa digunakan di Nama Author karena Link Live tidak diperkenankan.

Sekedar kenang2an desain lama


Ini Konser Iwan Fals dan Slank !!

Sebuah konser musik tidak afdol apabila tidak ada penontonnya. Segala macam cara kadang dilakukan hanya untuk melihat artisnya beraksi dipanggung. Entah itu dengan manjat, nunggu jebolan, ato jika di pinggiran tempat konser ada pohon tinggi, rela naek itu pohon walopun anginnya gak lagi sepoi-sepoi.

Ada yang menarik jika saya mengamati konser2 musik, terutama konser musik diluar (outdoor) entah itu dari berita di tipi, atau lihat langsung. Bukan pada artisnya yang lagi manggung. Bukan pada tampilan panggungnya. Bukan pada tata panggungnya. Bukan pula pada tata suaranya tetapi pada penonton yang melihat konser tersebut.

Hampir sebagian besar konser musik outdoor, bendera OI (Orang Indonesia - Iwan Fals) dan Slank berkibar mewarnai konser padahal konser yang berlangsung bukan konser Iwan Fals ataupun konser Slank !! Gak peduli itu konser dangdut, konsernya Padi, Dewa, atau band lain atau konser kompilasi band2. Bendera OI dan Slank selalu berkibar ditengah2 para penonton.

Sebuah pertanyaa…