Orientasi Blog : Personal atau Bisnis (Cari Uang) ??

Blog. Banyak manfaat dari blog dan banyak pula tujuan orang ngeblog. Sekedar bercerita tentang dirinya atau mungkin berbagi cerita/informasi tentang hal2 yang diketahui. Dengan blog juga kita bisa mendapatkan uang (dalam hal ini sobat2 udah lebih pinter). Selama aku bergulat di blog, halah... Berkunjung kesana kemari, melihat-lihat dan membaca-baca, haiah..kaya rajin aja berkunjung ke blog orang,wkekekekkeke... Dan berdasarkan artikel postingan (artikel = postingan gak ya?? emot bingung mod : ON) aku simpulkan menjadi 3 kategori besar orang ngeblog (orientasi ngeblog) yaitu :
1. Personal blog
2. Bisnis
3. Personal dan Bisnis blog

Yupp..cuma 3 itu, gak kurang dan gak lebih (turun dikit lah bang..halah..kaya lagi menawar ajah)

1. Personal blog
Personal blog yang aku maksud disini adalah blogger yang murni ngeblog hanya untuk sharing cerita/informasi, baik itu akan dirinya maupun hal2 disekitarnya yang bisa dijadikan cerita/informasi ke orang lain tanpa embel2 mencari uang dari GA/advertising, maupun dari program2 yang bisa menghasilkan uang gratis, termasuk juga bukan menyediakan link referral, hanya sharing informasi ajah.

Blogger seperti ini kalo aku perhatikan artikel postingannya biasanya berupa ide, pemikiran, renungan, dan hasil kreasinya. Ditambah lagi, artikel postingannya orisinil. Yupp..itu yang langka. Bisa dikatakan, artikel postingan berupa Apa yang dilihat, didengar, dirasa dan dipikirkan (tag line nya kaya Just a Blog tapi ga da "dipikirkan",halah..). Bisa disebut juga sebagai diary online.

2. Bisnis blog
Blog orientasi bisnis adalah (menurut ireng_ajah) blog yang khusus mempromosikan produk2 yang dia hasilkan dengan harapan orang lain (minimal) tau dan tertarik untuk memesan/membeli produknya. Selain itu juga, blog dengan orientasi ini juga khusus menginformasikan tentang program2 yang bisa mendatangkan uang gratis dari internet (link referral) seperti MFA blog.

3. Personal dan bisnis blog
Personal dan bisnis blog merupakan campuran dari Personal blog dan Bisnis blog. Selain sebagai media sharing ide, pemikiran, hasil kreativitas, juga sebagai blog untuk mencari uang dari GA/advertising maupun dari program2 penghasil uang gratis. Dibandingkan personal blog dan bisnis blog, blog dengan orientasi ini lebih banyak (itu dari apa yang aku temui). Ngeblog gak cuma sekedar berbagi cerita/informasi tetapi dengan ngeblog juga bisa mendatangkan uang.

Bagaimana dengan Just a Blog sendiri?? Dikatakan personal blog, gak juga. Dikatakan bisnis blog, gak juga. Tengah2 aja. Tapi entah kenapa, walopun dengan ngeblog bisa mendatangkan uang gratis dari program2 yang bisa mendatangkan uang gratis, aku belum bener2 berniat untuk ke arah sana padahal kalo dihitung aku mulai ngeblog, sudah termasuk lama, bulan Februari 2008. Program2 yang bisa menghasilkan uang gratis banyak yang aku ikutin (cuma daftar aja, penggembiara..hehehe...), mulai dari pay per sale, pay per lead, paid to review, jualan link, dll. Label di email sampai udah kaya kereta gerbong 100, penuh ma nama2 program2 yang aku ikuti. Blog yang berbahasa inggris pun punya tapi gak pernah di update, wkkkkkekekke.. Promosi program cari uang gratis (referral) jarang dilakukan. Pas dilakukan, gak niat bener2, hehehehehhe.. Jahh..jangankan promosi referral program, promosi blog dan membuat blog agar baik dimata search engine (mbah Gugel terutama) dan pengunjung aja males. Bener2 payah.. Soal Adsense, mau itu ada yang ngeklik mau itu gak, gak urusan, hehehehheee...

Mungkin untuk saat ini aku masih enjoy dengan keadaan blog2 punyaku. Gak nutup kemungkinan suatu hari nanti aku getol dan lebih serius dalam ngbelog (mencari tambahan uang)

Bagaimana dengan sobat sendiri???

13 Comments

  1. Hmmm
    emang rada susah sih,
    kadang mo buat personal,
    tp keiming2 yg bisnis
    mo bisnis, tapi takut malah sepi
    mo dua duanya,
    kudu ahli memanaj nya juga
    oke, tiap orang punya caranya masing masing

    SEMANGAAT

  2. Kalau saya personal + bisnis ... yah paling nggak dapet receh dikit lah hehehe

  3. wah klo saya

    sekali dayung

    2 sampai 3 pulau terlampaui

    klo bisa sih pulaunya banyak :D

    tapi terkadang disinilah idealisme seorang blogger akan diuji

  4. whehehehe kalo diriku mah campur campur... wes ngerti dewe tho..tipe gado gado pedes ga pake pare

  5. sempet-sempetnya nganalisa.. hehe..
    ya asal blognya bukan untuk menulis hal-hal yg *#$&^ dan menghina komunitas lain [tauk kan maksute...]

  6. Cari yang aman ajah alias campuran, hehehehe..

    Yupp..aku juga gak sreg dengan blog seperti itu,

    (halah..so alim km reng)

    Apalagi sengaja untuk menghna komunitas laen, misalnya soal agama atau negara. Gak deh.. :-)

  7. personal business blog :)

  8. Sejauh ini aku sih masih personal blog... :)

  9. wah ak g tau mau tak bawa kemana punyaku

  10. hmm kalo gua sih fleksibel sebetulanya tujuan blog itu ada banyak macamnya jadi tergantung masing-masing para blogger aja hehehe salam kenal ya bro and salam kenal semuanya :)

  11. trims bangt postingannya,,,
    yang jelas orientasi kita ngeblog itu untuk ekspresi diri,,curhat,,,tambah temen,,,tambah jaringan,,,tuker links,,,,dan juga tempat cari uang,,,hehe,,,ini yang paling penting bro,,,

    salam kenal

    Ahmad Fikri

  12. Anonymous says: 10/3/11

    salam knal teman,.
    buat tmn2 yang mw nambah penghasilan bagi yang sering ngenet hnya modal klik..
    http://klikajadeh.com/?r=muslim1

  13. punya saya personal tapi buat bisnis

Post a Comment

- Blog ini DoFollow tapi dimoderasi.

- Silahkan gunakan Name Author sebagai Keyword karena Link Live tidak diperkenankan.

- Link taruhan & lendir tidak diperkenankan.