Skip to main content

Jilbab ohh.. Jilbab : Hanya Sebuah Pelengkap dan Fashion??

Manusia adalah makhluk sosial, tidak bisa hidup sendiri. Hidup kita pun tidak terlepas dari pengamatan orang lain. Setiap gerak-gerik bisa jadi bahan pembicaraan orang lain. Mungkin ada yang cuek dengan itu tetapi juga ada yang merasa risih.

Kita sendiri juga kadang mengamati perilaku orang lain dan kadang dari apa yang sekilas kita liat, kadang kita bisa langsung mengambil kesimpulan.

Jilbab, ketika seorang cewe (aku pake kata "cewe" ajah) menggunakan jilbab, persepsi orang terhadap cewe itu adalah orang yang bisa menjaga sikapnya dari hal2 yang tercela. (ini adalah persepsi umum). Apa benar seperti itu?? Kayanya tidak semua. Jika kita amati (aku amati), ambil contoh dijalan. Sering kali aku melihat cewe2 yang berjilbab berboncengan dengan cowo dengan mesra. Si cewe memeluk si cowo dengan erat. Seakan-akan gak mau terpisah?? Mungkin mereka adalah suami istri?? Bisa jadi tapi mungkin juga mereka hanyalah sepasang kekasih.

Itu hanya dijalan. Kadang juga hal seperti itu sering ditemui ditempat2 umum, seperti mall, taman kota, dll. Mereka tanpa malu, tanpa canggung, tanpa risih menunjukkan kemesraannya. Pernah malam2 pas ada hiburan, melihat sepasang kekasih. Si cowo meluk dari belakang si cewe padahal kalo aku lihat si cewe pake jilbabnya bukan yang asal pake. Hmm... Itu ditempat umum dan tanpa malu, tanpa risih, tanpa canggung. (ngomong aja kamu iri reng.. wekekkekke...) Ya..bisa jadi mereka suami istri, itu sah tetapi jika mereka hanya pacaran??

** Hak mereka ini reng..ngapain kamu yang sibuk?? **

Mungkin jika cewe yang menggunakan jilbab tersebut hanya sebagai pelengkap, fashion atau apalah itu, "bisa dimaklumi" tetapi jika yang seperti itu adalah seorang cewe yang menggunakan jilbab tidak hanya sebatas sebagai pelengkap saja, persepsi yang timbul akan berbeda.


(aku kira sobat bisa menilai bagaimana cewe yang "berjilbab hanya sebatas pelengkap" dan bagaimana cewe yang "bener2 berjilbab")

Ambil contoh gini :

1. Seorang cewe "berjilbab biasa saja" bermesraan ditempat umum dengan cowonya. Persepsi orang aku kira gak aneh karena orang2 tersebut sudah menilai dari penampilannya yang berjilbab hanya sebatas pelengkap

2. Seorang cewe "bener2 berjilbab" bermesraan ditempat umum dengan cowonya sedangkan cowonya itu bukan suaminya, masih sebatas pacaran. Persepsi orang tentu akan beda.

"Owhh..seperti itu ternyata.."

"Alim2 kok seperti itu"

"Apa gunanya berjilbab jika kaya gitu kelakuannya??"

dan mungkin persepsi lainnya.

Disini aku tidak terus stereotype terhadap semua cewe yang "bener2 dalam berjilbab" tetapi aku menyoroti mereka2 yang "bener2 berjilbab" tetapi kok seperti itu. Ya.. Menilai orang memang gampang apalagi hanya sebatas dari apa yang barusan kita lihat.
Aku bukan sok ikut campur, bukan lebih mengerti akan agama, bukan pula lebih baik dari mereka. Aku juga bukan lagi men-judge seseorang itu baik atau itu buruk apalagi hanya dari sesuatu yang sepintas kita lihat, kita dengar saja (baik dan buruk seseorang hanya Allah yang tau)
tetapi alangkah baiknya jika sudah niat menggunakan jilbab, mbok ya yang bisa jaga sikap, dan perilaku. Persepsi orang terhadap cewe yang "bener2 berjilbab" adalah baik tetapi jika melihat perilaku yang seperti itu, aku kira orang2 akan "lebih kejam" dalam menilai dibandingkan dengan seorang cewe yang berjilbab hanya sebatas pelengkap. Atau mereka sudah gak peduli bahwa disekitar mereka ada orang-orang yang menilai mereka baik itu yang mereka kenal atau gak kenal sama sekali??

Note :

- Ini hanya sebuah coretan seorang ireng_ajah
- Aku gak pandai merangkai kata. Mudah2an yang baca mengerti akan maksud coretan diatas.
- Alhamd..koneksi udah mulai stabil lagi :-)

Popular posts from this blog

Oslanis Blogger Template

Salam.. Setelah kemarin rilis Axorys Blogger template, berikut ini template Blogger terbaru dari saya. Saya beri nama Oslanis Blogger Template. Secara khsusus, Oslanis Blogger template cocok untuk blog bertema fashion tapi bisa juga untuk semua tema.

Fitur Oslanis Blogger TemplateFully responsive Blogger templateMendukung Template Designer warna latar, gambar latar dan juga warna latar widget sidebar. Untuk variabel lainnya, bisa diedit via Edit HTMLMendukung browser yang umum dipakai oleh user.Mendukung konten slider.Responsive dropdown menu.Responsive video.Mendukung font icon from Font Awesome.WidgetableRelated posts dengan thumbnail.3 column footerAuto crop thumbnail dengan ukuran yang proporsional tidak ditarik/diregangkanRecent post and komen dengan thumbnailMendukung iklandan lainnya
Lihat juga :
Axorys Blogger Template. A Blogger template dengan 8 predefined styles.

Untuk setting dan download, silahkan menuju ke postingan Oslanis Blogger template ini.

Ganti Desain Template (Lagi)

Salam..

Sudah lama gak update Blog Ireng ini. Berhubung pengen coba jualan premium Blogger template, sekalian saja redesain blog ini. Premium templatenya sendiri hampir selesai. Semoga ajah bisa rilis bulan ini.

Desain template baru ini sebenarnya desain lama yang diambil dari blog Main Blogger dengan sedikit ubahan.

Oya, blog ini masih blog DoFollow tapi tetep saya moderasi. Keyword bisa digunakan di Nama Author karena Link Live tidak diperkenankan.

Sekedar kenang2an desain lama


Ini Konser Iwan Fals dan Slank !!

Sebuah konser musik tidak afdol apabila tidak ada penontonnya. Segala macam cara kadang dilakukan hanya untuk melihat artisnya beraksi dipanggung. Entah itu dengan manjat, nunggu jebolan, ato jika di pinggiran tempat konser ada pohon tinggi, rela naek itu pohon walopun anginnya gak lagi sepoi-sepoi.

Ada yang menarik jika saya mengamati konser2 musik, terutama konser musik diluar (outdoor) entah itu dari berita di tipi, atau lihat langsung. Bukan pada artisnya yang lagi manggung. Bukan pada tampilan panggungnya. Bukan pada tata panggungnya. Bukan pula pada tata suaranya tetapi pada penonton yang melihat konser tersebut.

Hampir sebagian besar konser musik outdoor, bendera OI (Orang Indonesia - Iwan Fals) dan Slank berkibar mewarnai konser padahal konser yang berlangsung bukan konser Iwan Fals ataupun konser Slank !! Gak peduli itu konser dangdut, konsernya Padi, Dewa, atau band lain atau konser kompilasi band2. Bendera OI dan Slank selalu berkibar ditengah2 para penonton.

Sebuah pertanyaa…