Skip to main content

Aku atau Kamu yang Tahu ??

"Emang lo siapa?? Apa yang lo tau akan gw?? Kok men-judge gw seenaknya gitu?? Ngaca donk.. Gw yang tau siapa gw sebenarnya. Semua yang lo bilang itu salah besar. Jangan asal ngomong kalo lo gak tau siapa gw !!"

"Siapa yang lebih mengetahui akan diri kita?? Apakah diri kita sendiri ataukah orang lain yang menilai tingkah laku kita??"

Sebuah pertanyaan sederhana dan sepele tetapi terlalu kompleks untuk dijelaskan.

Ilustrasi pertama

Si Ireng (selanjutnya sebut aja Ireng) dan Si Ajah (selanjutnya sebut aja Ajah) adalah temen yang baru kenal. Walopun baru kenal, mereka sudah terlihat akrab. Obrolanpun merasa cocok dan nyaman. Saling tukar cerita, berbagi masalah, berbagi pendapat adalah hal yang biasa mereka bincangkan walopun mereka baru kenal. Suatu ketika Ireng merasa dibohongi oleh si Ajah. Kemudian Ireng coba klarifikasi ke Ajah akan hal tersebut tetapi penjelasan dari Ajah tidak memuaskan Ireng karena alesan itu tidak masuk akal. Menurut Ireng hal tersebut sudah sering mereka perbincangkan dulu tetapi pada saat itu Ajah selalu menjawabnya dengan jawaban A tetapi pada kenyataannya ternyata jawaban yang asli adalah B. Itu juga Ireng tau bukan langsung dari mulut Ajah padahal mereka sudah akrab tetapi dari orang lain. Hal itu juga yang membuat Ireng merasa lebih dibohongi.

Sebenarnya Ireng tidak terlalu memasalahkan dan mencoba mengerti akan hal itu. Apalagi mereka baru kenal. Ireng malah berusaha menasehati Ajah untuk tidak melakukan itu ke orang lain tetapi nasehat dari Ireng itu dianggap Ajah men-judge dirinya kalo dia itu seperti inilah, itulah. Pokoknya dirinya jelek dimata Ireng gara2 nasehat itu. Ajah pun bereaksi karena tidak terima telah dijudge oleh Ireng seperti itu. Ajah merasa bahwa yang tau akan dirinya adalah dia sendiri. Apa yang dikatakan dan penilaian Ireng atas dirinya adalah salah besar menurut Ajah

Jika kita melihat ilustrasi diatas, sudut pandang dari Ireng adan Ajah tentunya berbeda. Ireng sudah mempunyai penilaian sendiri akan Ajah kalo Ajah itu seperti ini tetapi disisi yang lain, Ajah merasa apa yang dia lakukan adalah bener karena dia tau akan dirinya sendiri. Seperti apa dia dan bagaimana dia. Nasehat dari orang lain dia abaikan karena dia beranggapan dia melakukan itu bener dan nasehat itu adalah salah dimata dia.


Ilustrasi ke 2

Ireng merasa bisa melakukan pekerjaan A karena Ireng merasa tau akan kemampuannya tetapi pada kenyataannya, Ireng tidak mampu melakukan pekerjaan itu. Dan orang lain yang melihat pun menilai kalo Ireng gagal dalam pekerjaan itu alias Ireng tidak mampu.


Ilustrasi ke 3

Ajah merasa mampu menahan emosi dan mengontrol dirinya ketika nanti datang suatu masalah dalam dirinya tetapi ketika masalah tersebut datang, ternyata Ajah tidak mampu menahan emosi menghadapi masalah itu dan malah lari dari masalah itu. Orang lain tentunya menilai Ajah adalah orang yang emosian dan pengecut


Melihat 3 ilustrasi diatas, benerkah kita tau akan diri kita sendiri dengan mengabaikan penilaian orang lain akan diri kita??

"Emang kamu siapa? Tau apa km akan diriku?? Jangan ngomong sembarangan kalo kamu gak tau siapa aku. Aku yang tau akan diriku sendiri. Bukannya kamu".

Ucapan seperti diatas sering kita jumpai. Tidak ada yang salah ketika mengatakan "Aku yang tau akan diriku sendiri" tetapi kita hidup diantara orang lain. Segala tingkah laku kita tidak lepas dari pandangan dan penilaian orang lain dan bisa jadi penilaian orang lain itu kenyataannya berbeda dari apa yang kita tau akan diri kita sendiri. Jika sudah seperti itu, apakah, "Aku yang tau akan diriku sendiri" masih bisa dipertahankan??

Popular posts from this blog

Oslanis Blogger Template

Salam.. Setelah kemarin rilis Axorys Blogger template, berikut ini template Blogger terbaru dari saya. Saya beri nama Oslanis Blogger Template. Secara khsusus, Oslanis Blogger template cocok untuk blog bertema fashion tapi bisa juga untuk semua tema.

Fitur Oslanis Blogger TemplateFully responsive Blogger templateMendukung Template Designer warna latar, gambar latar dan juga warna latar widget sidebar. Untuk variabel lainnya, bisa diedit via Edit HTMLMendukung browser yang umum dipakai oleh user.Mendukung konten slider.Responsive dropdown menu.Responsive video.Mendukung font icon from Font Awesome.WidgetableRelated posts dengan thumbnail.3 column footerAuto crop thumbnail dengan ukuran yang proporsional tidak ditarik/diregangkanRecent post and komen dengan thumbnailMendukung iklandan lainnya
Lihat juga :
Axorys Blogger Template. A Blogger template dengan 8 predefined styles.

Untuk setting dan download, silahkan menuju ke postingan Oslanis Blogger template ini.

Ini Konser Iwan Fals dan Slank !!

Sebuah konser musik tidak afdol apabila tidak ada penontonnya. Segala macam cara kadang dilakukan hanya untuk melihat artisnya beraksi dipanggung. Entah itu dengan manjat, nunggu jebolan, ato jika di pinggiran tempat konser ada pohon tinggi, rela naek itu pohon walopun anginnya gak lagi sepoi-sepoi.

Ada yang menarik jika saya mengamati konser2 musik, terutama konser musik diluar (outdoor) entah itu dari berita di tipi, atau lihat langsung. Bukan pada artisnya yang lagi manggung. Bukan pada tampilan panggungnya. Bukan pada tata panggungnya. Bukan pula pada tata suaranya tetapi pada penonton yang melihat konser tersebut.

Hampir sebagian besar konser musik outdoor, bendera OI (Orang Indonesia - Iwan Fals) dan Slank berkibar mewarnai konser padahal konser yang berlangsung bukan konser Iwan Fals ataupun konser Slank !! Gak peduli itu konser dangdut, konsernya Padi, Dewa, atau band lain atau konser kompilasi band2. Bendera OI dan Slank selalu berkibar ditengah2 para penonton.

Sebuah pertanyaa…

Ganti Desain Template (Lagi)

Salam..

Sudah lama gak update Blog Ireng ini. Berhubung pengen coba jualan premium Blogger template, sekalian saja redesain blog ini. Premium templatenya sendiri hampir selesai. Semoga ajah bisa rilis bulan ini.

Desain template baru ini sebenarnya desain lama yang diambil dari blog Main Blogger dengan sedikit ubahan.

Oya, blog ini masih blog DoFollow tapi tetep saya moderasi. Keyword bisa digunakan di Nama Author karena Link Live tidak diperkenankan.

Sekedar kenang2an desain lama