Skip to main content

Cek Kolom Komentar Dengan Tes Komentar

Membuat template itu sebisa mungkin bisa berfungsi dengan baik di semua browser yang umum digunakan, baik itu pake Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, Opera maupun Safari (5 browser ini yang biasa saya gunakan untuk mengecek kevalidan dari template yang saya buat).

Disamping itu juga, ukuran template juga harus sesuai ketika template tersebut digunakan.
Salah 1 untuk mengecek ukuran template pada kolom komentar yaitu dengan melakukan tes komentar pada tempate tersebut. Ukuran tinggi kolom komentar pada template2 bawaan blogger adalah 410px.

Sebelum saya posting ini, saya coba cek template buatan saya untuk testing komentar. Saya login Blog make Mozilla Firefox. Template yang jadi bahan tes untuk komentar adalah Template Petak Umpet. Ukuran kolom komentar sudah saya edit n ganti menjadi 250px dengan settingan komentar yaitu Embedded below post dan Show word verification for comments? adalah Yes. Sebagai admin (dalam posisi login), tes komentar pada tempate berjalan baik dan tidak ada hambatan baik itu ketika komentar dengan akun Blog maupun Name/URL bahkan Anonymous. Postingan komentar juga langsung terpublish saat itu juga dan tanpa verifikasi kode dulu.

Kemudian saya coba pake browser Google Chrome dan melakukan tes komentar lagi pada template yang sama, yaitu Template Petak Umpet memakai Name/URL. Apa yang terjadi?? Kolom komentar menjadi seperti dibawah ini. Ada kode verifikasi dan yang "lebih aneh" buatku tampak kolom komentar mempunyai scroll. (untuk IE juga sama)

Screenshot 1. Kolom komentar ukuran 250px

Lalu saya kembali ke Mozilla dan saya ganti ukuran tinggi komentar dari 250px ke 400px dan hasilnya seperti ini ketika saya coba komentar dalam posisi tidak login pake browser Google Chrome

Screenshot 2. Kolom komentar ukuran 400px

Sebenarnya gak masalah juga jika tampilan kolom komentar seperti pada screenshot 1 karena selera tiap blogger berbeda. Disamping itu, dengan screenshot 1, juga bisa mengirit tempat pada template seperti pada gambar di bawah ini.

Screenshot 3. Tampilan awal komentar ukuran 250px

Screenshot 3. Tampilan awal komentar ukuran 400px

Tetapi jika Blogger yang bersangkutan adalah blogger yang suka dengan tampilan "bersih" tanpa ada scroll, bisa tidak merasa nyaman untuk dirinya dan juga untuk pengunjung yang akan memberi komentar di blognya

Kejadian seperti diatas hanya terjadi jika settingan komentar di setting berada di bawah postingan dan ada verifikasi kode kalo mau kasih komentar.

Jika sobat telanjur memilih dan suka settingan komentar berada dibawah postingan dengan verifikasi kode dulu tetapi tidak ingin tampilannya seperti pada screenshot 1, sobat tinggal ganti ukuran tinggi komentar menjadi 400px. Caranya :

- Masuk ke Layout, trus edit HTML.
- Jangan lupa centang Expand Widget Templates
- Cari kode di bawah ini

<iframe allowtransparency='true' class='blogger-iframe-colorize blogger-comment-from-post' frameborder='0' height='410' id='comment-editor' name='comment-editor' src='' width='100%'/>

- Ganti ukuran yang berwarna merah sesuai keinginan sobat.
- Simpan

Cara ini juga bisa untuk mengatasi kolom komentar dimana harus pencet TAB pada keyboard untuk masuk ke button Poskan Komentar

* Ukuran tinggi 400 adalah ukuran minimal komentar tidak mempunyai scroll dengan browser Firefox. IE maupun Chrome. (saya coba pake 380, Firefox dan Chrome beres tapi IE tidak)

Popular posts from this blog

Jangan pernah takut dibenci orang lain

Perkataan,perbuatan,penampilan,tingkah laku kita,dll entah itu secara sadar ato tidak sadar bisa membuat orang lain benci,marah,tidak suka atau apalah itu yg sejenis, haiah..kaya homo ae..upss... Cara ngungkapinnya juga bisa secara langsung, "Aku benci kamu.." atau mungkin cukup dalam hati aja,kaya judul lagu???

Keadaan tersebut sadar atau tidak kita sadari sering kali terjadi disekitar kita,baik itu ma temen sendiri atau mungkin ma orang lain yg gak kita kenal sekalipun. Jika hal tersebut terjadi pada diri sobat?? Gimana dan bagaimana perasaan sobat?? Stay cool kah?? marah2 kah?? Balik benci ma orang itu kah?? atau kah..kah..yg lain?? halah..opooo..kuii..

Jangan pernah takut dibenci orang lain

Setiap orang punya karakter sendiri2 yang mencerminkan dirinya,baik itu dari segi penampilan,sikap,tingkah laku dll. Kasarannya, INILAH AKU.. Urusan orang suka atau gak suka ma apa yg ada dalam diri kita,emang aku pikirin,haiah..

Cara orang menilai orang lain beda2. Kalopun ada orang yang…

Axorys : Responsive Blogger Template - 8 Pilihan Style

Beberapa hari lalu, rilis Axorys Blogger template tapi itu adalah Versi Gratis. Dan sekarang, saya merilis Versi Premium. Secara umum, fiturnya sama dengan yang versi gratis tapi saya tambahkan beberapa fitur baru.

Fitur Axorys Blogger Template Versi Premium8 predefined styles : Axorys Blogger templtae premium versi tersedia dalam 8 varian styles. Anda bisa pilih yang sesuai.

List of styles :
Big Header
Big Header Small ThumbnailBig Header Big ThumbnailBig Header Masonry StyleBig Header Default Style (support jump-link)Shrink Header
Shrink Header Small ThumbnailShrink Header Big ThumbnailShrink Header Masonry StyleShrink Header Default Style (support jump-link)Fully responsive Blogger template : Semua styles Axorys Blogger template sudah responsive.
Template Designer : hampir semua variable mendukung Template Designer. Anda bisa mengganti gambar latar, warna latar, warna link, tipe font, ukuran font, warna font, dll dengan mudah.
Featured posts : Penambahan featured posts untuk postingan yan…

Ini Konser Iwan Fals dan Slank !!

Sebuah konser musik tidak afdol apabila tidak ada penontonnya. Segala macam cara kadang dilakukan hanya untuk melihat artisnya beraksi dipanggung. Entah itu dengan manjat, nunggu jebolan, ato jika di pinggiran tempat konser ada pohon tinggi, rela naek itu pohon walopun anginnya gak lagi sepoi-sepoi.

Ada yang menarik jika saya mengamati konser2 musik, terutama konser musik diluar (outdoor) entah itu dari berita di tipi, atau lihat langsung. Bukan pada artisnya yang lagi manggung. Bukan pada tampilan panggungnya. Bukan pada tata panggungnya. Bukan pula pada tata suaranya tetapi pada penonton yang melihat konser tersebut.

Hampir sebagian besar konser musik outdoor, bendera OI (Orang Indonesia - Iwan Fals) dan Slank berkibar mewarnai konser padahal konser yang berlangsung bukan konser Iwan Fals ataupun konser Slank !! Gak peduli itu konser dangdut, konsernya Padi, Dewa, atau band lain atau konser kompilasi band2. Bendera OI dan Slank selalu berkibar ditengah2 para penonton.

Sebuah pertanyaa…