Jalan Mudah Mendapatkan Backlink Gratis ??

"Legal ato ilegal cara ini termasuk mudah untuk mendapatkan backlink gratis karena hanya butuh sedikit kreativitas, kemudian upload dan bagikan link downloadnya"

Salah satu cara untuk meningkatkan PR dan trafik blog adalah dengan backlink yang mengarah ke blog kita. Semakin banyak backlink yang menuju ke blog kita, semakin bagus blog kita dimata search engine, terutama dalam hal PR alias pagerank.

Banyak cara untuk meningkatkan. Bisa dengan tukeran link dengan sesama blogger, submit ke directory blog, submit artikel postingan maupun nitip link lewat template.

PLEASE BE RESPECTFUL AND DO NOT REMOVE CREDIT FOOTER LINK WITHOUT OUR PERMISSION.
YOU ARE ALLOWED TO DISTRIBUTE BUT NOT ALLOWED TO ADD ANY LINK ON FOOTER

Ipietoon

Anda tidak di perbolehkan untuk menghapus link Credits ke web kami yang ada di bagian footer pada template tersebut.

Kang Rohman

Finally please don't remove credit footer. I spent so many hour to create this template for you.

Guruh Subagya

Dll

Kalimat seperti diatas yang intinya JANGAN HAPUS LINK CREDIT YANG ADA PADA FOOTER adalah umum digunakan para pembuat template. Walopun cuma link yang ada di footer tetapi link tersebut bermanfaat bagi yang membuat template. Seandainya saja template2 yang mereka buat digunakan blogger lain, tentunya mereka mendapatkan backlink dari blog yang memakai template buatan mereka. Seumpama yang memakai katakanlah 1000 blogger, wahh.. banyak backlink yang akan mereka dapat, hohohohohohoo...

Terus..apa hubungannya dengan judul Jalan mudah mendapatkan backlink gratis ??

Banyaknya tutorial untuk mempercantik blog, misalnya cara membuat template menjadi 3 kolom, cara membuat slideshow, cara membuat tabview, cara membuat spy widget, cara membuat slider, cara membuat glider, dll bisa dimanfaatkan untuk memodifikasi template2 yang sudah ada dengan menambahkan salah satu fitur tersebut.

Contohnya template buatan ireng_ajah Minima Berwarna.

Template ini sederhana dan jauh dari yang namanya fitur2 yang saya sebutkan diatas. Kemudian oleh blogger lain, sebut aja blogger Ireng ditambah fitur slideshow dan fitur slider. Otomatis tampilan tempate Minima Berwarna berbeda (sebut saja namanya menjadi Minima Berwarna V2). Lalu karena si blogger Ireng merasa menambahkan sesuatu pada template tersebut sehingga tampilan menjadi berbeda, dia (ikutan) menambahkan link credit blognya (tanpa menghapus link credit pembuat yang asli??) pada template Minima Berwarna V2 itu. Terus dia upload template Minima Berwarna V2 tersebut, misalnya Ziddu dan menyebarkan link downloadnya, entah itu lewat postingan di blog ato submit ke template directory. Jika ada blogger yang mendownload Minima Berwarna V2 dan memakainya, otomatis si Ireng akan mendapatkan backlink dari ikutan nambah link credit tersebut.

Cara lain

Bisa juga si Ireng memadukan 2 template berbeda menjadi template baru. Misal template Minima Berwarna dipadukan dengan template Warna Gelap (jadinya seperti apa ya??). Hasil perpaduan itu di upload lalu di sebar link downloadnya dengan tidak lupa si Ireng menambahkan link credit blognya.


Legal ataukah ilegal??

Legal?? Disebut legal bisa juga karena kebanyakan para pembuat template hanya mencantumkan peringatan yang intinya "JANGAN HAPUS LINK CREDIT YANG ADA PADA FOOTER". So, selama link credit pembuat template yang asli masih tercantum, bisa dikatakan legal alias sah bukan??

Ilegal?? Bisa juga dikatakan ilegal karena secara tidak langsung walopun tidak ada aturan tertulis dan hukum pastinya,haiah... menambahkan sesuatu terhadap karya orang tanpa izin adalah perbuatan yang ilegal. Disamping itu juga tidak respect kepada pembuat template yang asli dan tidak apreciate terhadap karya orang.


Membuat template sendiri saja gimana??

Saya pribadi, maaf tidak setuju dan tidak terlalu respect dengan blogger yang berbuat seperti itu walopun blogger tersebut (mungkin) telah membuat template sendiri atau bahkan sudah punya nama didunia blog. Kelebihan utak-utik template dan banyaknya blogger2 akan template yang siap pasang adalah peluang untuk mendapatkan backlink dari link credit. Permasalahannya bukan karena ada peluang, tutorial akan fitur2 yang mudah ato pinter ngutak-ngutik template melainkan respect dan apreciate terhadap blogger yang susah payah membuat template. Jika hal tersebut dilakukan dengan izin terlebih dahulu kepada si pembuat template dan si pembuat mengizinkan menambah fitur baru dan juga link credit, tidak masalah atau mungkin jika template yang diutak-utik tersebut hanya untuk dipake sendiri dan tidak untuk disebar menurut saya juga tidak masalah.

Banyaknya tutorial akan fitur2 untuk mempercantik blog bukan berarti terus maen pasang ditemplate buatan orang lain lalu disebarin. Akan lebih baik jika fitur2 tersebut diaplikasikan pada template buatan sendiri. Baru disebarin dan bukan dari edit template yang sudah jadi terus ditambah fitur lalu numpang link. Bukankah tutorial cara membuat template blog itu banyak?? Siapa tau aja template buatannya nanti malah mempunyai karakteristik dan gaya tersendiri sehingga banyak blogger yang suka.

Saya sendiri tidak mencantumkan aturan JANGAN HAPUS LINK CREDIT YANG ADA PADA FOOTER di template2 buatan saya kecuali di 1 postingan pada template Minima Berwarna. Saya yakin blogger (khususnya yang menggunakan template template buatan saya) sudah paham akan aturan ini dan bisa menghargai dan apreciate akan karya orang.

Semua kembali ke diri masing2. Jika merasa hal tersebut diatas adalah bisa membantu para blogger dalam hal template yang bagus, cocok dan mempunyai tampilan yang berbeda dari aslinya, silahkan tetapi jika mempunyai rasa respect dan apreciate akan karya orang lain, saya pribadi menyarankan untuk dituangkan kreativitas tersebut dalam bentuk template buatan sendiri.


Note :
- Jika berkenan tukeran link dengan Just a Blog, silahkan tinggalkan komentar dan diharapkan dengan sangat bukan di Shoutbox.
- Link sobat nantinya akan terpasang di sini
- Untuk bloger2 yang menggunakan template made in ireng_ajah, saya ucapkan banyak terimakasih.

21 Comments

  1. oh begitu ya sob.. hebat ya bisa utak-atik template sendiri...

    heheh.. ajarin dung...

  2. terimaksih tipsnya sahabat

  3. hmm...kalo saya cenderung hanya ingin menuangkan apa yang saya dapat ke dalam bentuk tulisan di blog tak pernah terpikirkan untuk yang lain karena menulis itu indah tapi jika untuk meningkatkan PR atau hal serupa, saya rasa bisa juga menggunakan cara-cara diatas tapi lebih baik sering-sering sowan ke blog sahabat dan menyapa di tulisan mereka untuk tuker link harus jika memang ingin ada backlink nya *halah jadi ngelantur*

  4. Sy juga pake minima terus edit sendiri, tambah kolom sana sini, tapi setau saya si minima ga ada link creditnya (Apa sy salah ya?)
    Yang ada cuma di bagian coding & ga sy hapus.
    Alesan utak atik sendiri si buat belajar aja & banyak template bagus tapi kadang kurang sreg sama layoutnya kadang banyak ruang kosong yang ga kepake jadi mendingan rubah sendiri aja dari template default blogspot. Tanpa menghilangkan credit apapun

  5. duh, sayang buwel gaptek utak atik templet...hiks...

  6. wah.... kratif banget.... ajarin dunk buat templte.. :D

  7. Makasih sudah mampir di blog saya...
    Salam kenal juga.
    Blogspot memang memanjakan kita dengan memberi keleluasaan lebih untuk bikin template.
    Sedikit2 saya juga sering latihan.
    Beberapa blog saya yg blogspot:
    marsudiyanto.blogspot.com ; gurune.cahbag.us

  8. hmm, begitu ya. wah mantap nih bisa desain template sendiri. katanya kalau bagi2 template gratis, linknya pun bisa dijual ke sponsor. bener ga sob?

  9. ya kalo saya musti mengkostumise template asli supaya sesuai dengan kebutuhan. tapi dipake sendiri loh, tidak dibagi2kan heehhe..

  10. kayaknya link gratis yang bisa buat banner dan template ya?
    kalo buat yang gaptek kayak diriku link gratisnya dari mana ya?

  11. iya bener link yang tertera di footer template adalah sebuah penghargaan yang memang pantas bagi template maker

  12. @ BAng Ais dan sobat Wisata Riau : Gimana ya..?? malah bingung sendiri... :D
    @ Sobat Agar hidup lebih bermakna : Trimaksih sobat selalu hadir di blog saya ini, hehehehe..
    @ Sobat Hariez : Sering2 mampir ya ke blog saya ini, hehehehehe...
    @ Berbagi Pengalaman : Template2 saya (dan mungkin yang lain juga) berawal dari template Minima.
    @ Marsudiyanto : Templatenya keren mas.. Dishare gak tuh mas..??
    @ Lagi Usil : Bisa itu linknya dijual. Bisa lewat program2 Paid to Upload, Paid to short URl ato mungkin jika blog tersebut sudah rame, bisa untuk tempat iklan para sponsor
    @ Si Doel : Selanjutnya buat template sendiri..
    @ Sobat Suwung : Dapat backlink bisa lewat tukeran link, submit ke blog directory, submit postingan blog ke sosial directory maupun lwat komentar di postingan seperti ini apa lagi jika blognya penganut DoFollow
    @ Blog Informasi : Bener itu dan blogger lain harus respect dan apreciate ma template maker

  13. link si pembuat ya harus dipasang untuk menghargai hak karya cipta si pembuat
    sudah dikasi gratis, masa mau ngapus link si pembuat

  14. pengen bisa nih belajar buat template

  15. @ Sobat Devianty : Banyk tutorial membuat template. Misalnya dari blognya Kang Jaloe, Blognya Mas guruh Subagya, blognya Mbak Cebong Ipiet dll..

  16. wah.. kayaknya legal" aja sih gan..

  17. Setuju !!!

  18. Saya ingin tukar link. Link anda sudah saya pasang di blog list. Ini link saya http://net-ebook.blogspot.com

  19. sip,, thx gan..
    sukses selalu...

  20. blog ireng pastinya sangat banyak bavklinknya

  21. Trimakasih Penjelasannya om
    tapi apakah kita akan mendapat backlink jika kita submit tema di derektori terkenal seperti Btemplate?
    Saya juga punya beberapa Template Sederhana yang ringan.
    owh iya tolong pasang Link ane y. hehe

Post a Comment

- Blog ini DoFollow tapi dimoderasi.

- Silahkan gunakan Name Author sebagai Keyword karena Link Live tidak diperkenankan.

- Link taruhan & lendir tidak diperkenankan.