Ganti Kulit (Lagi ..)

Untuk kesekian kalinya, Just a Blog berganti kulit. Setelah kemarin cuma menggunakan 1 kolom (duhh..lupa screenshot template yang kemarin..) kali ini Just a Blog menggunakan 3 kolom. Ada beberapa hal yang membuat saya berganti dengan template ini. Dengan memakai template kemarin yang cuma 1 kolom, saya merasa diri saya egois karena saya mementingkan kenyamanan diri saya akan template tersebut.

Dengan template ini, saya berharap saya bisa memanjakan pengunjung Just a Blog dalam mencari postingan Just a Blog karena beberapa postingan, saya kasih linknya di pada sidebar berdasarkan kategori postingan. Yupp.. kemarin mpe mumet ngutak-ngutik sidebar dan postingan. Beberapa postingan terdahulu juga saya ubah untuk labelnya.

Sidebar untuk daftar beberapa postingan Just a Blog berdasarkan kategori postingan menggunakan Accordion menu yang saya edit2, menyesuaikan dengan template saya. Ada yang sempet bikin bingung pada accordion menu tersebut. Pada menu Popular Posts, tampak bahwa popular posts sampai 20 postingan. Itu saya sengaja karena kalo popular posts saya set hanya 10, accordion menu tersebut tidak dapat berfungsi. Untuk 15 postingan juga demikian. Daripada pusing2 mencari kenapa dan bagaimana hal tersebut bisa terjadi, lebih baik sekalian aja 20 postingan, hehehehehee.. Beres tho.. Gitu aja kok repot.

Oya, melihat postingan2 terdahulu, ada beberapa postingan yang sudah tidak relevan lagi karena sudah ganti template. Seinget saya, postingan itu ketika saya masih menggunakan template Arthemia modified* tetapi dikarenakan template tersebut mempunyai masalah, akhirnya saya ganti dan postingan tersebut belum saya update padahal sebelum saya menggunakan template ini, saya sudah memakai 2 ato 3 template lainnya, hehehehehee...

Membuat template dan ngutak-ngutik sidebar template ini untuk menu postingan Just a Blog juga membuat saya jadi tau gimana membuat feed post berdasarkan kategori post menggunakan kode recent post yang selama ini sering kita gunakan.

(halah..halah.. tutorial itu udah lama reng.. kamu malah baru tau sekarang.. kemana aja kamu?? gak aptudet kamu tuh..)

Untuk sidebar satunya lagi, saya khususkan untuk link blog sobat2 Just a Blog. Disamping untuk memudahkan sobat2 menengok blogger2 yang lain, juga untuk memudahkan saya apabila saya lagi pengen jalan2 ke blognya sobat2 Just a Blog walopun beberapa blog sobat2 Just a Blog sudah tidak ada, beralih menjadi domain parking ato sudah tidak update lagi tetapi linknya akan terus ada dan tidak akan saya hapus. Gak perlu lagi buka postingan Blogger Friendship yang kemarin saya jadikan postingan (sekarang sudah saya hapus. Maaf untuk sobat Kurniawan dan Sobat Iskandaria yang sempet komen di postingan tersebut)

Apa yang ada di sidebar itu apa gak bikin berat reng??

Berat sih apalagi pas saya coba kasih widget My Blog List dan Subcribe to (yang kemudian aku buang). Pelan2 saya perkecil. Mulai dari css yang saya kompress (gak terlalu signifikan tapi bermanfaat juga), My Blog List dan Subcribe to saya buang juga. Trus beberapa widget seperti google last acces dan yahoo last acces juga saya bunuh. Lumayan juga sih.. Yang tadinya sekitar 120kb-an menjadi 90kb-an.

Terus apa saja yang bikin loading blog itu berat?? Apa saja yang harus dilakukan untuk menurunkan berat badan blog supaya loadingnya lebih cepet?? Tunggu postingan berikutnya, hehehehehee...



Note :
- Entah kenapa kovertan template Arthemia modified versi orang lain yang juga mengkovert template tersebut hasilnya masih dengan permasalahan yang sama. Apa masalah pada template Arthemia tidak mereka ketahui?? Ato hasil konvertnya cacat alias produk gagal?? Mungkin bagi sobat2 blogger yang menggunakan template Arthemia modified tau akan permasalahan pada template itu. Saya jadi pengen memperbaiki masalah yang ada pada template Arthemia modified tapi bisa gak ya..?? hehehehehee...

- Hal tersebut saya ketahui pas saya brosing2 template Arthemia modified (udah lama sih..) dan hasil konvert template Arthemia modofied yang satu dengan yang lain permasalahanya sama. Bahkan ketika saya berkomentar tentang hasil konvertan di salah satu blogger yang mengkonvert template Arthemia modified dan menanyakan soal permasalahan itu, ternyata sama yg punya blog, di hapus dan tidak dimunculin. Gak suka di "protes" apa ya?? hehehehehe...
Kalo sekarang saya gak tau. Mungkin sudah ada ayng memperbaiki permasalahan itu biar hasilnya seperti pada contoh di WordPress

- Jika sobat berminat tukeran link dengan Just a Blog, diharapkan meninggalkannya lewat komentar, bukan lewat shoutbox.

21 Comments

  1. memang senangnya kalau sudah bisa edit template sendiri apalagi bisa buat. terus berkarya ya

  2. @ Mas Subagya : Iya mas.. Beberapa template yang masih di laboratorium ireng_ajah juga sudah tidak sabar untuk segera di rilis.. hehehehe...

  3. wah keren nih abis ganti kulit.

  4. duuh, keren banget ya.

  5. Wah, ditunggu banget nih tips memperingan loading blogspotnya. Kebetulan saya juga pake blogspot. Soal tmplate arthemia, saya kurang tau juga sih.

  6. @ Sobat Iskandaria : sudah di posting kok mas. Smoga bermanfaat. Untuk permasalahan template Arthemia, sudah juga saya posting di postingan sebelumnya tapi mungkin nanti akan saya posting lagi..

  7. Tenang aja Mas....ilmu yg dikira jadul juga sangat bermanfaat kok untuk yg blm tahu coding kayak saya.. tampilan yg ini lebih luas view pagenya, lebih lega dari yg kemarin nih mas

  8. Juragan2 sekalian berkunjung ke blog saya juga ya...dofollow kok

  9. Ganti kulit itu baik untuk penyegaran, tapi kayaknya dari SEO gak baik :)

  10. Ganti template keseringan juga ngak baik, posisi kita bisa langsung drop kalau ngak cocok dengan template yang baru, yang penting sekedar optimasi dan yang terpenting templatenya seo friendly.

  11. wah, kalo sering2 ganti template katanya sepuh2 bisa bikin seo unfriendly loh :O

  12. ganti kulit kayak ular aja ha..ha..

  13. Ya nih bener kata subagia,, kalau sudah bisa edit template sendiri apalagi bisa buat pasti ingin otak atik template,,
    so kayak bunglon jadinya,, wkwkwkkk,,

  14. bikin sendiri enaknya bisa bikin yang sesuai dengan karakter webnya

  15. Tambah manis dan elegant

  16. Maksudnya ganti kulit. Ganti theme mungkin ya gan maksudnya.

  17. ganti thema

  18. mksdudnya ganti tema ya??

  19. ganti kulit kayak ular aja ha..ha.

  20. makasih infonya gan

Post a Comment

- Blog ini DoFollow tapi dimoderasi.

- Silahkan gunakan Name Author sebagai Keyword karena Link Live tidak diperkenankan.

- Link taruhan & lendir tidak diperkenankan.