Menemukan Kembali Widget Blog yang Hilang

Seorang blogger tanpa ganti2 template kayanya kurang afdol, haiah.. Termasuk saya, hehehehe.. Gak tau udah berapa kali saya mengganti template Just a Blog ini. Gak ketinggalan pula, ketika mengganti template dengan yang baru, widget ato kode2 yang nempel di template lama lupa gak di simpen dulu padahal template yang baru udah nempel permanen di blog. Lha terus gimana?? Apa bisa mencari widget yang hilang tersebut?? Bisa, yaitu dengan memanfaatkan fungsi yang pada mbah Google yaitu Tembolok.

Kejadian widget yang belum aku simpen ketika ganti template baru pernah saya alami. Daripada login satu persatu untuk mendapatkan widget tersebut, saya memanfaatkan fungsi tembolok pada mbah Google. Fungsi tembolok sendiri jika saya artikan adalah sebagai media penyimpanan data atas semua yang beredar di internet dalam waktu tertentu. Kenapa saya katakan dalam waktu tertentu?? Karena data tersebut mengikuti perubahan yang terjadi pada blog atau web kita. (bener gak ya artinya..??)

Kembali ke masalah menemukan kembali widget blog yang hilang karena ganti template

Berikut ini adalah screenshot template saya yang lama, sebelum saya menggunakan template ini memanfaatkan fungsi tembolok pada mbah Google untuk menemukan kembali widget blog saya yang lupa tidak saya simpen ketika ganti template ini.

Tampak keterangan : Gambar ini adalah jepretan laman seperti yang ditampilkan pada tanggal 28 Des 2009 00:52:46 GMT.

Pada tampilan dengan menggunakan tembolok tersebut, sobat bisa menemukan kembali widget ato kode blog yang hilang dengan cara View Page Source dan tinggal cari aja dibagian mana kode ato widget yang hilang tersebut karena pada tampilan tersebut, kode2 ataopun data widget (data blog) masih sama seperti ketika belum mengganti template seperti pada keterangan diatas.

22 Comments

  1. Terimakasih infonya, sobat. Sangat bermanfaat bagi seorang newbie seperti saya. Salam.

  2. sifat orang memang tdk pernah puas ....
    termasuk ak yg sering ganti2 template, hehe
    tnhx infonya..... :)

  3. Itulah, salah satu alasan mengapa aku males ganti-2 template... soalnya banyak widget yg hilang.

  4. Daripada harus nyari widget yg hilang, mendingan gak usah ganti template.. hehehe. Ketahuan pemalasnya ya...?

  5. @ All Sobat : Terimaksih.

  6. thx infonya.. saya blm ganti2 template lg nih, abis emang bener nanti penyetingannya berubah n widgetnya bs bnyk yg ilang ya ternyata..

  7. makanya kalo ganti tempalte save dulu..... :p

  8. ternyata berfungsi begitu yah gan tembolok, soalnya masih bingung tadinya untuk apaan, makasih infonya

  9. kalau saya biasanya simpen dulu wigdet2 penting di notepad. kadang2 memang suka lupa simpannya dimana! hehehe

  10. #Sobat Wedding : Fitur blogger sekarang udah suppor apakah tetep dipake ato dihapus apabila ganti template tapi akan lebih baik kalo disave dulu seperti yang sobat lakukan asal gak lupa disimpen dimana, hehehehehe...

  11. Anonymous says: 9/3/11

    mas..klo tembolok bisa hilang gak ya...kira2 berapa lama..??? klo kita nau hilangkan bisa atau tidak...?? mohon pencerahannya mas...ini email saya..(ganz.tropical@gmail.com)

  12. Manfaat share nya Gan. bisa untuk mengambil yang ilang.

  13. Makasih ilmunya kaka.

  14. saya juga sering gonata ganti template, kadang widget hilang padahal belum sempat disimpan

  15. thx ifonya
    http://sabarzhen.blogspot.com/

  16. masih sulit sobat ....................!

  17. saya masih sulit sobat ..............

  18. saya belum ngerto soalnya saya masih awam cara membuat blog,setelah saya coba buat blog sesudah fitur sebagian saya buat ,lalu tutup,dan setelah di buka kembali gak bisa ,gimana caranya ....? ok.makasih broo,,,,,,,,,,!

  19. @abdur rahman : maaf, saya kurang begitu paham dengan maksut bapak "sesudah fitur sebagian saya buat ,lalu tutup,dan setelah di buka kembali gak bisa.."

  20. widget hilang masih berpungsi,gmana tu gan

  21. klo tembolok bisa hilang gak ya...kira2 berapa lama..??? klo kita nau hilangkan bisa atau tidak...?? mohon pencerahannya

  22. Saya udah coba, kok gak bisa ya??? Mohon pencerahannya.. Apakah waktunya terlalu lama??

Post a Comment

- Blog ini DoFollow tapi dimoderasi.

- Silahkan gunakan Name Author sebagai Keyword karena Link Live tidak diperkenankan.

- Link taruhan & lendir tidak diperkenankan.