Skip to main content

Oprek Variable Definitions Blog

Postingan ini masih berhubungan dengan mempercepat loading blog dengan cara mudah pada postingan sebelumnya. Cara tersebut bisa saya katakan mudah tetapi cukup signifikan untuk meningkatkan loading blog tetapi cara tersebut tidak akan berfungsi apabila komponen file css masih menggunakan komponen Variable Definitions sebagai definisi2 dari file css tersebut. Hal ini baru saya ketahui saya coba aplikasikan cara mempercepat loading blog tersebut ke blog saya yang juga menggunakan Variable Definitions sebagai definisi file css. Apa hasilnya?? Blog saya menjadi berantakan alias trik tersebut tidak berfungsi. Hal ini tidak saya temukan pada blog saya yang lain yang tidak menggunakan Variable Definitions sebagai definisi file css seperti pada blog Just a Blog ini dan blog Blogger Template by ireng_ajah. Trik tersebut berjalan normal dan cukup signifikan dalam mengurangi ukuran blog.

Bagaimana jika mau menggunakan trik itu tetapi Variable Definitions masih ada??

Variable definitions menurut saya adalah nilai untuk mendefinisikan file css yang ada baik itu untuk warna, font, ukuran font, dll.

Penulisan Variable Definitions pada file css menggunakan awalan "$" (tanpa tanda petik). Misalnya untuk warna link blog:

<variable name="linkcolor" description="Link Color" type="color" default="#384" value="#000000">

Untuk penulisan file css menjadi

a:link {
color:$linkcolor;
text-decoration:none;
}

linkcolor (value="#000000") pada Variable Definitions tersebut sebagai definisi warna untuk Link Blog. Penulisan pada css untuk link menjadi color:$linkcolor;

Apabila Variable definitions tersebut mau diterjemahkan langsung ke file css-nya, maka penulisan pada file css menjadi :

a:link {
color:#000000; (sama dengan value pada Variable definitions)
text-decoration:none;
}

* perhatikan warna biru dan merah


Untuk menterjemahkan Variable definitions yang lain langsung ke file css, tinggal samakan saja pada variabel name-nya dan valuenya. Melihat penterjemahan langsung Variable definitions ke file css yang saya lakukan pada blog saya, ada beberapa file css yang perlu ditambahkan kode baru. Yang sering saya temui yaitu pada font.

Jika masih menggunakan Variable definitions, penulisan font pada css akan seperti ini :

font: $bodyfont;

Tetapi jika langsung pada file css-nya, biasanya saya menuliskannya menjadi :

font: 14px arial; atau menjadi

font-size:14px;
font-weight:bold;
font-family:arial;

Untuk manfaat dan kerugian menggunakan Variable definitions atau menterjemahkan langsung ke css, saya sendiri aslinya gak terlalu paham, hehehehehe... Tetapi jika ingin menggunakan trik mempercepat loading blog dengan cara mudah, Variable definitions tersebut harus diterjemahkan dulu ke file css-nya.

Selain itu juga, trik mempercepat loading blog ini juga tidak akan berfungsi untuk template yang menggunakan tambahan file css dibawah kode ]]></b:skin> seperti pada blog saya free blogger template ajah

]]></b:skin>

<style type='text/css'>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>

<---- file css ada disini ---->

</b:if>
</style>

File css pada bagian tersebut cukup di kompres saja dan tidak perlu menggunakan link eksternal. Links eksternal file css hanya untuk file css yang berasa diatas kode ]]></b:skin>


Terimakasih unuk sobat Blogging sehingga saya jadi tau soal ini.

Popular posts from this blog

Jangan pernah takut dibenci orang lain

Perkataan,perbuatan,penampilan,tingkah laku kita,dll entah itu secara sadar ato tidak sadar bisa membuat orang lain benci,marah,tidak suka atau apalah itu yg sejenis, haiah..kaya homo ae..upss... Cara ngungkapinnya juga bisa secara langsung, "Aku benci kamu.." atau mungkin cukup dalam hati aja,kaya judul lagu???

Keadaan tersebut sadar atau tidak kita sadari sering kali terjadi disekitar kita,baik itu ma temen sendiri atau mungkin ma orang lain yg gak kita kenal sekalipun. Jika hal tersebut terjadi pada diri sobat?? Gimana dan bagaimana perasaan sobat?? Stay cool kah?? marah2 kah?? Balik benci ma orang itu kah?? atau kah..kah..yg lain?? halah..opooo..kuii..

Jangan pernah takut dibenci orang lain

Setiap orang punya karakter sendiri2 yang mencerminkan dirinya,baik itu dari segi penampilan,sikap,tingkah laku dll. Kasarannya, INILAH AKU.. Urusan orang suka atau gak suka ma apa yg ada dalam diri kita,emang aku pikirin,haiah..

Cara orang menilai orang lain beda2. Kalopun ada orang yang…

Axorys : Responsive Blogger Template - 8 Pilihan Style

Beberapa hari lalu, rilis Axorys Blogger template tapi itu adalah Versi Gratis. Dan sekarang, saya merilis Versi Premium. Secara umum, fiturnya sama dengan yang versi gratis tapi saya tambahkan beberapa fitur baru.

Fitur Axorys Blogger Template Versi Premium8 predefined styles : Axorys Blogger templtae premium versi tersedia dalam 8 varian styles. Anda bisa pilih yang sesuai.

List of styles :
Big Header
Big Header Small ThumbnailBig Header Big ThumbnailBig Header Masonry StyleBig Header Default Style (support jump-link)Shrink Header
Shrink Header Small ThumbnailShrink Header Big ThumbnailShrink Header Masonry StyleShrink Header Default Style (support jump-link)Fully responsive Blogger template : Semua styles Axorys Blogger template sudah responsive.
Template Designer : hampir semua variable mendukung Template Designer. Anda bisa mengganti gambar latar, warna latar, warna link, tipe font, ukuran font, warna font, dll dengan mudah.
Featured posts : Penambahan featured posts untuk postingan yan…

Ini Konser Iwan Fals dan Slank !!

Sebuah konser musik tidak afdol apabila tidak ada penontonnya. Segala macam cara kadang dilakukan hanya untuk melihat artisnya beraksi dipanggung. Entah itu dengan manjat, nunggu jebolan, ato jika di pinggiran tempat konser ada pohon tinggi, rela naek itu pohon walopun anginnya gak lagi sepoi-sepoi.

Ada yang menarik jika saya mengamati konser2 musik, terutama konser musik diluar (outdoor) entah itu dari berita di tipi, atau lihat langsung. Bukan pada artisnya yang lagi manggung. Bukan pada tampilan panggungnya. Bukan pada tata panggungnya. Bukan pula pada tata suaranya tetapi pada penonton yang melihat konser tersebut.

Hampir sebagian besar konser musik outdoor, bendera OI (Orang Indonesia - Iwan Fals) dan Slank berkibar mewarnai konser padahal konser yang berlangsung bukan konser Iwan Fals ataupun konser Slank !! Gak peduli itu konser dangdut, konsernya Padi, Dewa, atau band lain atau konser kompilasi band2. Bendera OI dan Slank selalu berkibar ditengah2 para penonton.

Sebuah pertanyaa…