Validasi CSS?? Gak Penting

Yang valid itu yang sah, haiah... Dan untuk memudahkan segala sesuatu, apalagi itu menyangkut dokumen2 penting, tentunya pengen yang valid biar aman, wehh..?? Sebuah informasi belum bisa disebut data apabila informasi tersebut belum valid. Sebuah blog juga belum bisa di sebut blog yang valid apabila tidak ada postingannya (emang gitu ya reng?? hehehehhe..).

Blog (baca : template) juga perlu pemvalidan (ada gitu kata pemvalidan??). Bisa tampil "sempurna" di browser, tidak eror apabila dijadikan sebuah template blog. Untuk kode2 yang tertanam di template itu sendiri juga ada tool untuk mengecek apakah kode tersebut valid ato tidak. Misalnya kode html dan kode css. Pentingkah memvalidkan kode html dan kode css??

Saya tidak membahas validasi kode html tapi validasi kode css melihat pada diri saya (blog2 saya) dan blog2 yang lain yang masih dalam bentuk Blogspot dan hanya custom domain saja.

Validasi CSS itu tidak penting dan hanya membuang2 waktu, pikiran, tenaga dan validasi CSS itu sebuah tindakan bodoh dan konyol !!

Kenapa saya bisa mengatakan seperti itu?? Ada beberapa alesan kenapa validasi CSS itu gak penting menurut saya

1. Ada kode css siluman
Jika sobat lihat pada template yang sobat pake, sobat tidak akan bisa melihatnya secara langsung pada template karena kode css itu seperti siluman tetapi jika sobat menggunakan tool seperti validasi css ato tool untuk mengetahui loading blog seperti YSlow ato yang dari Google, kode css itu akan terlihat. Kode css siluman itu adalah kode css bawaan Blogger yaitu :

http://www.blogger.com/static/v1/widgets/1576120009-widget_css_bundle.css

Disini saya menggunakan template Resensi Post yang belum lama kemarin loncing (haiah, promosi template neh reng..?? hehehehe...). Kode pada template itu tidak saya kompres. Berikut ini hasil validasi template Resensi Post menggunakan validator ini

Tampak ada keterangan 51 error dan pada alamat http://www.blogger.com/static/v1/widgets/1576120009-widget_css_bundle.css ada yang salah. Misalnya :

1 .v2 body : Property _height doesn't exist : 100% 100%
1 .columns-inner : Property _height doesn't exist : 1% 1%
1 .column-center-outer, .column-left-outer, .column-right-outer : Property _display doesn't exist : inline inlin, dll

Apakah kita bisa membetulkannya dan menjadikannya menjadi valid sedangkan komponen css pada keterangan yang eror itu tidak bisa kita temukan di template kita??


2. Kompres file css
Banyak cara untuk mempercepat loading blog dan salah satunya yaitu dengan mengkompres file css. Mengkompres file css adalah umum dan hampir semua blogger melakukan kompres file css. Jika sobat mencoba memvalidasi file css blog sobat, hasilnya akan seperti berikut :

Menurut mereka, itulah file css yang valid untuk blog sobat dan apabila sobat memasukkan file css yang valid itu ke blog sobat dengan tatanan seperti pada hasil, semua itu akan percuma apabila setelah itu sobat mengkompress file css blog sobat.
Kecuali template2 buatan saya, saya mengkompres file css di semua blog saya karena loading blog yang cepet (termasuk dengan menggunakan link eksternal) buat saya lebih penting daripada kode css yang valid tetapi malah membuat loading blog menjadi lola dan lelet.

3. Yang ke 3 apa ya..??


Seringkali suatu keinginan terbentur dengan hal lain. Happy blogging ><>

11 Comments

  1. Kalo di blogspot, valid-validan emang ngga penting. :)

    Tapi di peramban Web yang acidtest3-nya mendekati 100 (atau acidtest2-nya sudah dapet skor 100--hampir semua peramban desktop modern sudah), evaluasi profil CSS (versi 2.1, 3) via validator cukup membantu. Daripada ngecek manual tiap baris CSS untuk menemukan tampilan/layout yang ekstrem berbeda di tiap peramban Web? :)

  2. Postingan ini ada karena saya juga pemakai Blogspot :).

    Trimakasih mas. saya jadi tau fungsi utama validasi CSS itu untuk apa

  3. benar sob bagi saya validitas CSS pada blogspot tidak menambah cepat loading blog.

  4. apakah anda seorang web designer atau hanya seorang designer theme blogspot saja? menurut saya penting adanya standarisarisasi supaya dapat berjalan disemua browser memang membuang waktu dan tenaga tapi harganya juga mahal bos jika anda mengikuti standar jujur saya sendiri masih berusaha mengurangi error css , tapi membuat sesuatu dengan sedikit kesalahan dan mengikuti standar yang ada bukannya lebih baik? :)

  5. Menjadi Suatu Kebanggaan Mendapatkan Ranking / Skor Valid Di W3 Entah Valid XHTML Maupun Valid CSS

  6. :) saya dah coba validasi css ini, kayaknya gak mungkin bisa deh.. sebab blogger akan mengimpor css mereka ke setiap blog..

    kalo valid xhtml itu mungkin saja kok, saya dah coba dan valid 100 %

  7. iya emg saya juga masih bertanda tanya gmn caranya biar css bawa'an blogger itu bisa di ilangin, kira2 kalo ada yang tau bisa share dong ya

  8. iya memang agak sulit membuat valid CSS, karna kebanyakan errornya itu adalah pada : widget_css_bundle.css

    nah gimana menemukan file itu??
    itulah alasannya knp tidak akan bisa di buat valid 100%...

    trims atas sharingnya

  9. mungkin yang dibawah ada yg bisa jawab

  10. @semyceper : oh begitu ya. maklum saya Pemula lg nyoba validasi RSS memang melelahkan. terima kasih banyak infonya.

  11. benar juga ya. kalau blogger sendiri belum valid html5 dan css3, kenapa kita harus repot memvalidasi blog kita :)
    oh iya, kebetulan saya pake template horcrux bikinan agan ireng_ajah. templatenya bagus, saya suka :)

Post a Comment

- Blog ini DoFollow tapi dimoderasi.

- Silahkan gunakan Name Author sebagai Keyword karena Link Live tidak diperkenankan.

- Link taruhan & lendir tidak diperkenankan.