Mati Ide Untuk Buat Template Baru

blogger templateMembuat template blog itu bagi saya, mudah dan cepet. Disamping saya sudah punya master template yang siap diutak-utik baik itu warna, layout, ukuran, tambahan widget dll. Toh template blog itu hanya seperti itu2 juga. 1 kolom, 2 kolom, 3 kolom, sidebar dikanan, sidebar dikiri. Kolom pada footer. Header yang mempunyai 2 kolom atao bahkan lebih ditambah feature widget kalo perlu. Edit ukuran sana sini. Ya.. template blog itu cuma itu2 aja.

Permasalah bukan pada yang saya ungkap diatas tetapi lebih pada desain template itu. Dasarnya adalah sama. Misal 2 kolom tetapi tapi yang membedakan antara template yang satu dengan template yang lain (termasuk juga para pembuat template blog) adalah desain. Gimana menciptakan suatu desain template dengan 2 kolom tapi bisa menjadi menarik hasilnya dilihat dari segi warna dan background. Itu yang membuat lama dan kadang mpe berhari2, seperti saya, hehehehe..

Warna : warna disini mewakili template itu sendiri. Apakah warnanya sama semua atau beda ditiap komponen template, entah itu di header, main post, sidebar maupun footer

Background : background yang saya maksud adalah gambar. Baik itu gambar template secara keseluruhan atau pada bagian tertentu seperti pada judul post, judul sidebar, background header, background footer.

Penggunaan background sendiri bisa dikatakan penting karena fungsi dari background bagi saya sebagai pemanis tampilan. Berbeda dengan hanya memakai warna saja. Template 2 kolom dengan warna dasar putih polos akan berbeda hasil dan penilaian jika ditambah dengan background baik itu sebagai background utama blog atau hanya pada bagian tertentu. Hal ini sama seperti makanan. Jika makanan tersebut disajikan dengan tampilan yang menarik, dihias, tentunya orang2 mempunyai hasrat untuk mencicipi walopun rasanya bisa jadi asin ato malah pait dan mungkin bahan dasar dari makanan itu hanya tempe dan tahu saja. Itulah pentingnya background buat saya.

Disinilah kelemahan saya dalam membuat template. Saya tidak bisa menggambar. Tidak bisa menciptakan suatu imajinasi bagaimana membuat background yang bagus untuk template2 buatan saya. Bahkan, untuk bakcground pada judul sidebar saja, saya sulit menemukannya. Jika sobat perhatikan template2 buatan saya. Hampir semuanya cuma maen warna.

Kalo untuk desain template sendiri, alhamdulillah, saya masih punya banyak stok. Apakah templatenya nanti akan saya kasih feature widget. Template 3 kolom pada halaman utama ato yang lain. Semua sudah tergambar jelas dikepala. Tinggal realisasinya. Masalahnya, gimana menciptakan template yang enak diliat mata dengan perpaduan warna yang pas (dan tambahan background kalo perlu) itu yang sulit buat saya dan itu pula yang menjadikan membuat template blog itu lama bagi saya. Termasuk sebelum postingan ini. Saya lagi buat template blog baru tetapi saya mati ide dalam hal warna dan background kalo perlu. !! dan akhirnya tidak saya lanjutkan buat template barunya dan malah tercipta postingan ini, hehehehe..

Masukkan dari sobat sangat saya harapkan. Terimaksih


Note :
- Download free blogger template made in ireng_ajah

17 Comments

  1. ADA GAK TEMPLATE DESIGN YANG COCOK BUAT KAMI, SOBAT?

  2. Jangan sampe kelamaan mati idenya, kawan. Ditunggu desain templatemu yang paling anyar.

  3. terus semangat sahabat

  4. itu juga keren sob

  5. dpt dr mana tuh master template'a ?? sya jg sbenar'a mau coba bkin sendri, tp msh blm ngerti bahasa html. O ya, mw tnya neh. Mas ireng pertama bkin template itu otodidak atw ada yg ngajarin ?
    Thanx be4

  6. jangan mati gara2 template sobat
    hehe salam kenal yah

  7. Iya bro...share dong disini, u dapet ilmunya gimana, otodidak apa ada yang ngajarin apa ikutan group2 gitu bro, gw juga tertarik banget buat ngoprak-ngoprek web ato blog...

  8. Belajar photoshop agan dan coba buat animasi dari program photoshop. Pasti bagus hasilnya..

  9. @Jefri : Terimakasih om, sarannya..

  10. tetep semangat kak...
    saya tunggu terus karya-karya anak bangsa yang bermutu seperti karya kakak ini.

    nice share

  11. betul sekali.
    kalau urusan kode-kodean mah dah dari sananya di patok.
    tapi urusan sepele seperti warna, malahan yg bikin kebelinger developer di alam jagat raya ini.
    coba perhatikan orang2 yg jago scripter, toh web2 mereka sederhana saja.
    soalnya memang bukan designer :D
    beda kalo yg memang seorang designer :)

  12. gan bagi template buatan agan yang menurut adan palig baik buat SSEO donk???
    makasih, di tunggu kunjunganya.

  13. Template anda bagus bagus, tetap berkarya dengan template seperti yang ada saat ini karena akan menjadi sebuah cirikhas

  14. Membuat template itu asyik

  15. kasi contoh templatenya donk.

  16. ane aja msih blum bsa buat template yang bagus, tp nanti mudah2an bisa. kan bisa di pelajarin

  17. Mas pesen buatin template buat galeri produk dong....

Post a Comment

- Blog ini DoFollow tapi dimoderasi.

- Silahkan gunakan Name Author sebagai Keyword karena Link Live tidak diperkenankan.

- Link taruhan & lendir tidak diperkenankan.