Skip to main content

Mengatur Kode CSS Dan JavaScript Untuk Mempercepat Loading Blog

mempercepat loading blog dengan cara mengatur tampilan kode css dan kode javascriptBanyak cara untuk mempercepat loading blog. Pada postingan saya sebelumnya tentang mempercepat loading blog dengan menggunakan eksternal link kode CSS, sekarang bagaimana mempercepat loading blog dengan mengatur tampilan kode CSS dan JavaScript. Sebelumnya, saya berharap sobat membaca postingan jenis dan fungsi kode untuk mengatur tampilan widget blog karena berkaitan dengan postingan ini.

Secara umum, susunan kode template blog seperti berikut :

<b:skin><![CDATA[/*

CSS code

]]></b:skin>

</head>

Kode HTML

</body>
</html>



Untuk mempercantik blog, kemudian ditambahkan widget baru. Saya contohkan misalnya sobat ingin menambahkan widget Feature Content image slideshow.

Biasanya kode Feature Content tersebut terdiri dari 2 kode yaitu kode CSS dan kode JavaScript.
Untuk kode CSS, penempatan kodenya diatas kode

]]></b:skin>

dan untuk kode JavaScript biasanya ditempatkan di bawah kode

]]></b:skin> alias diatas kode

</head>


Struktur kode HTML untuk Feature Content biasanya seperti berikut :

<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<div id='feature-content'>
<b:section class='feature' id='feature' preferred='yes'>
<b:widget id='HTML30' locked='false' title='Feature Content='HTML'/>
</b:section>
</div>
</b:if>

* Perhatikan yang berwarna merah
* Saya menggunakan kode <b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'> sebagai contoh salah satu kode untuk menampilkan widget blog hanya pada main post dan label post saja. Beberapa widget Feature Content yang saya temui di template2 modifikasi menggunakan kode <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>. Untuk jenis dan fungsi kode yang lain bisa diliat pada postingan saya yang ini


Widget Feature Content sendiri biasanya hanya muncul pada main post dan label post saja dan akan hilang pada single post tetapi jika sobat melihat dari View Page Source (pada single post) kode CSS dan JavaScript Feature Content tersebut masih akan terlihat dan ini akan dianggap sebagai kode yang tetap ada didalam template blog. Bukankah itu akan mempengaruhi berat dan loading blog?? Terlebih lagi jika kode CSS dan JavaScript (terutama kode JavaScript) Feature Content tersebut besar.

Untuk mengakalinya, sobat bisa menggunakan trik sederhana ini.

1. Kode CSS.
Seperti yang saya tulis diatas, kode CSS Feature Content biasanya diletakkan diatas kode

]]></b:skin>

Sekarang, pindahkan kode tersebut menjadi dibawah kode

]]></b:skin>

dengan susunan kode seperti berikut :

<style type='text/css'>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>

Kode CSS Feature Content disini

</b:if>
</style>

2. Kode JavaScript
Untuk kode JavaScript, tambahkan kode yang berwarna merah pada kode JavaScript tersebut sehingga susunannya akan seperti berikut :

<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<script src='URL-JAVASCRIPT-CODE' type='text/javascript'/>
</b:if>

Save.

Sekarang sobat baca salah satu postingan sobat (single post) dan liat dari View Page Source. Kode CSS dan JavaScript untuk Feature Content tidak akan terbaca dan itu berarti mengurangi berat blog yang tentunya juga berpengaruh pada loading blog sobat.


Note :
- Perhatikan yang berwarna merah.
- Penggunaan kode <b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'> antara kode CSS, kode JavaScript dan untuk kode HTML harus sama.


Cara ini juga bisa digunakan untuk kode Auto Readmore. Auto Readmore biasanya juga hanya tampil pada main post dan label post saja. Jadi, tinggal tambahkan kode yang berwarna merah dibawah ini sehingga menjadi menjadi

<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>

Kode Auto Readmore

</b:if>


Untuk widget yang lain pun juga bisa. Yang penting dalam penggunaan cara ini adalah tau jenis dan fungsi kode untuk mengatur tampilan widget blog. Disamping itu juga, ada kode ato widget blog yang tadinya muncul tapi kemudian menghilang atau dari menghilang, kemudian baru muncul.

Semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

Oslanis Blogger Template

Salam.. Setelah kemarin rilis Axorys Blogger template, berikut ini template Blogger terbaru dari saya. Saya beri nama Oslanis Blogger Template. Secara khsusus, Oslanis Blogger template cocok untuk blog bertema fashion tapi bisa juga untuk semua tema.

Fitur Oslanis Blogger TemplateFully responsive Blogger templateMendukung Template Designer warna latar, gambar latar dan juga warna latar widget sidebar. Untuk variabel lainnya, bisa diedit via Edit HTMLMendukung browser yang umum dipakai oleh user.Mendukung konten slider.Responsive dropdown menu.Responsive video.Mendukung font icon from Font Awesome.WidgetableRelated posts dengan thumbnail.3 column footerAuto crop thumbnail dengan ukuran yang proporsional tidak ditarik/diregangkanRecent post and komen dengan thumbnailMendukung iklandan lainnya
Lihat juga :
Axorys Blogger Template. A Blogger template dengan 8 predefined styles.

Untuk setting dan download, silahkan menuju ke postingan Oslanis Blogger template ini.

Ganti Desain Template (Lagi)

Salam..

Sudah lama gak update Blog Ireng ini. Berhubung pengen coba jualan premium Blogger template, sekalian saja redesain blog ini. Premium templatenya sendiri hampir selesai. Semoga ajah bisa rilis bulan ini.

Desain template baru ini sebenarnya desain lama yang diambil dari blog Main Blogger dengan sedikit ubahan.

Oya, blog ini masih blog DoFollow tapi tetep saya moderasi. Keyword bisa digunakan di Nama Author karena Link Live tidak diperkenankan.

Sekedar kenang2an desain lama


Ini Konser Iwan Fals dan Slank !!

Sebuah konser musik tidak afdol apabila tidak ada penontonnya. Segala macam cara kadang dilakukan hanya untuk melihat artisnya beraksi dipanggung. Entah itu dengan manjat, nunggu jebolan, ato jika di pinggiran tempat konser ada pohon tinggi, rela naek itu pohon walopun anginnya gak lagi sepoi-sepoi.

Ada yang menarik jika saya mengamati konser2 musik, terutama konser musik diluar (outdoor) entah itu dari berita di tipi, atau lihat langsung. Bukan pada artisnya yang lagi manggung. Bukan pada tampilan panggungnya. Bukan pada tata panggungnya. Bukan pula pada tata suaranya tetapi pada penonton yang melihat konser tersebut.

Hampir sebagian besar konser musik outdoor, bendera OI (Orang Indonesia - Iwan Fals) dan Slank berkibar mewarnai konser padahal konser yang berlangsung bukan konser Iwan Fals ataupun konser Slank !! Gak peduli itu konser dangdut, konsernya Padi, Dewa, atau band lain atau konser kompilasi band2. Bendera OI dan Slank selalu berkibar ditengah2 para penonton.

Sebuah pertanyaa…