Skip to main content

Hati-Hati Compress CSS Template

css compressor onlineUntuk meningkatkan loading blog, salah satunya dengan compress CSS. Compress CSS adalah hal yang sudah umum dalam dunia blog dan hampir semua blogger melakukannya. Dan dari sekian banyak CSS compressor online, hati2 dengan online CSS compressor dari CSSCompressor.com. Kenapa?? Ini adalah sedikit pengalaman saya ketika compress CSS.

Seperti yang kita tau, tidak semua kode CSS berjalan baik dan mulus di semua browser terutama untuk Internet Explorer. Disini saya menggunakan perbandingan antara Mozilla Firefox dan Internet Explorer 7 karena saya membuat template blog menggunakan Firefox dan hanya pada IE7 tampilan template tersebut "sedikit aneh". Untuk mengakali supaya tampilan template made in ireng_ajah di IE bisa lebih sempurna dan hampir sama dengan tampilan pada Firefox 3.6, saya menggunakan tambahan kode khusus untuk IE7. Contoh :

Misalkan kode CSS untuk bagian sidebar-wrapper seperti ini :

#sidebar-wrapper {
width: 320px;
float: right;
margin: 10px 0 0;
.margin-top:20px; /* IE7 */
}

Ketika template tersebut dibuka dengan Firefox, hasilnya sempurna seperti yang kita inginkan tetapi ketika dibuka dengan IE7, tampilan tersbut tidak sempurna karena ternyata jarak (margin) terlalu dekat dan untuk mengakalinya, ditambahkan kode khusus untuk IE7 yaitu kode yang berwarna merah tersebut.

Kode tersebut berfungsi supaya ketika blog dengan kode template seperti itu dibuka dengan IE7, besarnya margin pada bagian sidebar adalah 20px dan bukan 10px.

Lalu apa hubungannya dengan CSSCompressor.com??

Berikut ini adalah hasil dari compress CSS kode template bagian sidebar diatas menggunakan online CSS compressor dari CSS Compressor dibandingakan dengan dari YaHoo Yui dan CSSDrive

1. CSSCompressor didapat :
#sidebar-wrapper{width:320px;float:right;margin:20px 0 0}

2. YaHoo Yui didapat :
#sidebar-wrapper{width:320px;float:right;margin:10px 0 0;.margin-top:20px;}

3. CSSDrive didapat :
#sidebar-wrapper{ width:320px; float:right; margin:10px 0 0; .margin-top:20px; /* IE7 */}

Tampak untuk hasil dari CSSCompressor.com pada bagian margin menjadi margin:20px 0 0 dimana kode margin 20px 0 0 adalah kode margin bagian atas untuk IE dan jika hasil compress tersebut diaplikasikan pada template, maka tampilan blog pada Firefox akan berubah karena kode asli untuk margin: 10px 0 0;

Untuk hasil dari YaHoo Yui dan CSSDrive sendiri tidak masalah. Kode untuk Firefox dan IE masih utuh. Yang membedakan adalah ratio compress saja.

Selama ini saya sering compress CSS menggunakan CSSCompressor karena ratio hasil compress-nya paling besar, hehehehehe.. Dan untuk mengakalinya, saya edit pada bagian kode yang terdapat kode untuk IE.

Bagaimana dengan sobat sendiri?? Tiap blogger punya favorit tool sendiri untuk compress CSS templatenya tetapi jika sobat mengalami kasus seperti diatas dimana yang tadinya sebelum di compress tampilan blog sempurna baik itu di Firefox dan IE tetapi malah "jepat" setelah kode CSS di compress, bisa jadi penyebabnya seperti diatas.


Note : Setingan compress standar dan bawaan langsung dari css compressor online

Pic : http://www.anythingleft-handed.co.uk/media.html

Popular posts from this blog

Jangan pernah takut dibenci orang lain

Perkataan,perbuatan,penampilan,tingkah laku kita,dll entah itu secara sadar ato tidak sadar bisa membuat orang lain benci,marah,tidak suka atau apalah itu yg sejenis, haiah..kaya homo ae..upss... Cara ngungkapinnya juga bisa secara langsung, "Aku benci kamu.." atau mungkin cukup dalam hati aja,kaya judul lagu???

Keadaan tersebut sadar atau tidak kita sadari sering kali terjadi disekitar kita,baik itu ma temen sendiri atau mungkin ma orang lain yg gak kita kenal sekalipun. Jika hal tersebut terjadi pada diri sobat?? Gimana dan bagaimana perasaan sobat?? Stay cool kah?? marah2 kah?? Balik benci ma orang itu kah?? atau kah..kah..yg lain?? halah..opooo..kuii..

Jangan pernah takut dibenci orang lain

Setiap orang punya karakter sendiri2 yang mencerminkan dirinya,baik itu dari segi penampilan,sikap,tingkah laku dll. Kasarannya, INILAH AKU.. Urusan orang suka atau gak suka ma apa yg ada dalam diri kita,emang aku pikirin,haiah..

Cara orang menilai orang lain beda2. Kalopun ada orang yang…

Axorys : Responsive Blogger Template - 8 Pilihan Style

Beberapa hari lalu, rilis Axorys Blogger template tapi itu adalah Versi Gratis. Dan sekarang, saya merilis Versi Premium. Secara umum, fiturnya sama dengan yang versi gratis tapi saya tambahkan beberapa fitur baru.

Fitur Axorys Blogger Template Versi Premium8 predefined styles : Axorys Blogger templtae premium versi tersedia dalam 8 varian styles. Anda bisa pilih yang sesuai.

List of styles :
Big Header
Big Header Small ThumbnailBig Header Big ThumbnailBig Header Masonry StyleBig Header Default Style (support jump-link)Shrink Header
Shrink Header Small ThumbnailShrink Header Big ThumbnailShrink Header Masonry StyleShrink Header Default Style (support jump-link)Fully responsive Blogger template : Semua styles Axorys Blogger template sudah responsive.
Template Designer : hampir semua variable mendukung Template Designer. Anda bisa mengganti gambar latar, warna latar, warna link, tipe font, ukuran font, warna font, dll dengan mudah.
Featured posts : Penambahan featured posts untuk postingan yan…

Ini Konser Iwan Fals dan Slank !!

Sebuah konser musik tidak afdol apabila tidak ada penontonnya. Segala macam cara kadang dilakukan hanya untuk melihat artisnya beraksi dipanggung. Entah itu dengan manjat, nunggu jebolan, ato jika di pinggiran tempat konser ada pohon tinggi, rela naek itu pohon walopun anginnya gak lagi sepoi-sepoi.

Ada yang menarik jika saya mengamati konser2 musik, terutama konser musik diluar (outdoor) entah itu dari berita di tipi, atau lihat langsung. Bukan pada artisnya yang lagi manggung. Bukan pada tampilan panggungnya. Bukan pada tata panggungnya. Bukan pula pada tata suaranya tetapi pada penonton yang melihat konser tersebut.

Hampir sebagian besar konser musik outdoor, bendera OI (Orang Indonesia - Iwan Fals) dan Slank berkibar mewarnai konser padahal konser yang berlangsung bukan konser Iwan Fals ataupun konser Slank !! Gak peduli itu konser dangdut, konsernya Padi, Dewa, atau band lain atau konser kompilasi band2. Bendera OI dan Slank selalu berkibar ditengah2 para penonton.

Sebuah pertanyaa…