Kuping Sama, Selera Musik Beda (Lebih Parah??)

nama band indonesia Kata mereka (ini kata mereka, bukan kata saya, halah..) grup band seperti ST12, Wali, Kangen Band dan sejenis itu disebut mereka sebagai band Alay. Band alay itu sendiri kalo baca2 dari postingan ato forum2 diartikan sebagai band kampungan, band rendahan, band norak. Atas dasar apa mereka menjudge band2 tersebut sebagai band alay?? Apakah karena kualitas musik mereka? Apakah karena cara mereka bernyanyi? Apakah karena penampilan mereka? Lalu, kalo untuk anak band ada sebutan band alay, bagaimana dengan penyanyi/solois?? Kenapa tidak ada (sampai saat ini saya belum pernah baca ato denger sebutan Solois Alay) sebutan solois alay?? Apa karena pengucapannya gak pantes ya??

Bagaimana David Naif menjudge Kangen Band. Bagaimana juga ketika Yovie Widianto mengkritik lagu2nya ST12. Jika yang dijadikan acuan mereka menjudge band alay adalah lagu (kualitas musik mereka), emang seperti apa sih kualitas musik yang bagus itu?? Apakah diliat dari liriknya?? Apakah diliat dari semakin rumit nada2 yang dihasilkan??

Terlepas dari semua itu, bagaimana dengan penyanyi/solois?? Tidak adakah cap bagi mereka sebagai penyanyi alay dari para "penghukum" band2 alay??

Bagaimana dengan lagu si Olga - Hancur Hatiku ??
Bagaimana dengan lagu si Aziz Gagap - Putus Lagi ??
Bagaimana dengan lagu si Sule - Susis ??

Kalo diperhatikan dari kualitas musiknya dan lirik jika dibandingin apa yang mereka sebut band alay, gak jauh beda juga. Bedanya mereka menjual nama ke-artisan-nya yang lagi diatas. Sedangkan kalo band2 alay mulai dari bawah (berjuang dari bawah, dari NOL)

Kenapa David Naif, Yovie dan para "penghukum" band alay tidak mencap mereka sebagai penyanyi alay?? Ini yang perlu dipertanyakan dan kalo bisa ditanyakan langsung ma mereka. Saya yakin, mereka juga pernah mendengarkan lagu2 itu walopun cuma 1 kali. Apa kuping mereka cocok dengan musik yang dibawakan oleh Olga dkk ya??? Bener2 patut dipertanyakan neh ma mereka, qiqiqiqiqiqi.. Bisa jadi kuping mereka seperti antena yang hanya khusus bisa menangkep musik dari band yang masuk kategori alay yang langsung dikirim ke otak dan muncullah reaksi ;
"Itu band alay.. najis gua" dll

Sedangkan untuk solois (alay??) kuping mereka seperti mempersilahkan untuk masuk dan merekapun ikut menikmati musik2 itu, hohohohohoho....

Disamping itu juga, jika diperhatikan pergaulan ke-artisan, mereka -Olga dkk, saya katakan lebih bonafid, lebih elegant, lebih tinggi daripada mereka -Band2 alay. Dengan demikian, mereka -penghukum band alay seperti enggap dan sungkan untuk berucap ; "Dasar... solois alay"

Kadang kuping ini terlalu peka untuk sesuatu hal yang gak cocok dengan kita tapi kadang kuping kita ini seperti tersumpal untuk sesuatu hal yang sebenarnya sama cuma kita terlalu gengsi dan takut untuk mengatakan itu adalah sama.


Note :
- Musik adalah bahasa universal. Setiap musisi baik itu solois maupun band punya cara dan karakter sendiri2 untuk berekspresi lewat musiknya. Dan untuk para penikmat musik, menjadi pengamat, menjadi komentator dan menjadi pencela adalah hal yang paling mudah sekecil apapun itu kejelekan yang terlihat.


Pic : podbean.com

118 Comments

  1. Mereka yang menjuluki-lah yang ALAY...

  2. # COMPLETE - ALL in One Blog : hehehehhe.. selera beda2 ya sobat. Mungkin selera musik mereka tinggi.. hehehehe...

  3. hello..I love the music of indonesia, especially dangdut..:)

  4. kalau saya sih yang penting enak didenger buat santai

  5. Iya nich, saya juga heran ama mereka para pengkritik itu! Atau jangan-jangan mereka sakit hati karena kalah populer atau kalah dalam hal penjualan album ama band yang dikritik itu, LOL...

  6. setuju sama Lirik Lagu indonesia, kayanya mereka merasa iri karena band yang mereka sebut alay tersebut mulai merebut pasar.

  7. dasar band najis >> Alay

  8. yang penting kita senang mendengarkannya dan tidak menganggu org lain, kenapa mesti resah, tul gak Gan ?

  9. terkadang cap seperti itu hanya dikarenakan ketidak sukaan saja, tapi pada dasarnya semua bebas berekspresi.... salam

  10. mungkin syirik aja tuh yang nyebut alay, karena musiknya udah kurang laku...hehhe

  11. harus nya sesama musisi gk boleh menghina hasil karya musisi lain...
    Ane aja walopun gk suka ama band tertentu, gk pernah menjudge kalo band tsb itu jelek/alay

  12. lamz knl semuanya....
    berhubung mbah ijinin ksh link,saya ucapkan trimakasih y..

    kunjuntgi my blogg ya.
    http://www.sibutiz.co.cc/

  13. salam kenal sob,.,.,.

  14. Kadang-kadang pandangan negatif pada orang lain digunakan untuk menutupi kekurangan pada dirinya sendiri. :)

  15. Memang lebih mudah melihat kekurangan orang lain. tapi sanagt sulit untuk mengakui kekurangan diri sendiri :D

  16. KAlau untuk saya, selama musik itu enak didenger dan isinya bagus ..sok atuh...sementara sy sendiri aja gak bisa bikin lagu...two thumbs up buat yg punya bakat bikin lagu enak

  17. namanya juga dunia bisnis, saling sikut, udah engak heran lah...salam kenal yah...

  18. salam kenal .
    bener banget musik itu bahas universal .
    setiap orang berhak mengexplore appah yang mereka punya .

  19. sepinya hidup tanpa musik ya, slm kenal..thanks

  20. salam kenal !! .
    masa sesama musisi begituh .
    anneh !! .

  21. ya krn emang inilah Indonesia, flm2nya jg alay tuh hahahaha...apalagi sinetronnya hahahaha

  22. salam kenal .
    seharusnya seseorang jangan dinilai dari fisiknya ajjah .

  23. saya seh suka semua jenis musik..tapi males aja dengerin musik yang gak cocok sama kuping

  24. alay2 juga terbukti bisa populer, kesohor, n banyak duit tuh.. he3

  25. Semuanya pasti karena dioplos dengan kesempatan dan keberuntungan.

  26. hallo !! .
    setiap orang ppunya kreatifitas sendiri .

  27. bener bgt sob, dua jempol!!

  28. emang selera orang beda2 sob....

    gak bisa dijadikan hanya 1 standar saja

  29. Selera kuping saya sama kuping tetangga saya beda juga..wkwkwk

  30. memang berbeda ya sob..hehe

  31. hahaha... ada pepatah jawa bilang seje Deso Seje Coro Seje Silet Seje Angget artinya. lain desa laincara ....

  32. hallo .
    hhm .
    penialian yang terbaik ntuh penilaian yang objektif .
    jadi semuah harus dihargai .

  33. Bagi saya kalau belum bisa membuat lagu minimal jangan menghina. Orang yang tidak menghina sebenarnya tak sehebat yang buat lagu-lagu yang ngehits itu..

  34. yg pastinya selera orang tuh berbeda2 ya bro :)
    salam kenal..

  35. @redjed: saya setuju banget sob dgn komenya itu. :)

    btw, buat admin, blognya manteb sob. artikel-artikelnya juga menarik :)

    silakan mampir balik ya sob.

    oia, boleh tukeran link ga? aya tunggu ya :)

  36. Mampir siang-siang. Belum diupdate lagi sob ?

  37. Saya rasa tidak ada seorang pun yang berhak menjudge alay dan ketidakalayan seseorang. Kalaupun ada yang teriak2 alay, sebenernya dia sendiri itulah yg alay.. qiqiiqiq..

    Soal musik itu kembali ke masing2 pribadi orang. Nggak suka sama yg nyanyi? Tutup mata. Dengerin musiknya. Pribadi saya suka koq ST12, Wali (yg lagunya dicopy dan menduduki tangga lagu di eropa), Kangen Band, meskipun sy g suka dandanan mereka.. Jadilah saya lebih banyak mendengarkan daripada menonton video clip mereka.

  38. yang namanya band memang punya karakter sendiri2 sob.


    salam.

  39. Mampir lagi sobat. Belum juga diupdate nih ?

  40. yang penting enak didengar bisa menghibur para pendenganya...

  41. klo ane soal musik tetep Rock n Roll aja deh
    karna gak pernah alay dari musikalitas
    salam kenal sob..^^

  42. siapapun tidak berhak men judge seseorang/kelompok, coba kalo mereka yag digituin, seneng ga..

  43. musik lo musik lo, musik gw musik gw..

  44. dunia musik indonesia memang aneh...

  45. Sob, link anda saya pasang di daftar blog dofollow..

  46. salam kenal .
    aneh ya padahal kan musik itu punya arti universal .
    makasih buat infonya .

  47. This truly is a very important blog. Thanks for sharing this valuable information with us.

  48. mungkin selera mereka sangat tnggi sobhh,msing dah pnya selera sendiri......

  49. salam kenal.
    mang dah pyeng ama ank2 jjaman sekrang app2 di bilang nya alayyy.....

  50. saya sependapat dengan anda,
    semuanya tergantung siapa yang menilai,
    tapi yang pasti semua orang punya karya,
    dan kita harus bisa menghargai hasil karya orang lain..

  51. ass,bloger2..salam kenal y
    smua karya n smua pendapat manusia tu berbdeda2
    ttp kta hargai pendat dy...
    mungkin dy begtu krna karakteria dy sndri ajj yg berbeda smua mempunya karakteria yg berbeda...

  52. salam kenal gan
    penialian yang terbaik ntuh penilaian yang objektif .
    jadi semuah harus dihargai .
    smua org pasti mempunya pendapat yg berbda mak hargailah pendat2 org lain

  53. semua org berpendapat berbeda2,hargailah pendapat org lain....

  54. semua pekerja musik sekarang sudah diperbudak sama duit, nggak mikirin bobot lagu yang penting jadi dan laris....

  55. medingan lagu2 dulu kaya Nike ardilah,tuh walpun dah hampir musnah lagu nya tpi masih ttp; lagunya enak di dengar,thanks y gan for info nya...

  56. emang kuping manusia berbeda,tpi jaman sekarang ank2 ABG app2 semua nya di bilang ALAY aneh....

  57. hahah keren tuh gan , ane juga gak tau tuh kalo anak sekarang suka bilang alay begitu toh

  58. saya suka ini,,,,,,,,,,,

  59. i like it..,,,

  60. knp yah ank2 jaman sekarang stiap kita Omg yg kebaikan di bilang nya alay2...?

  61. keren gan , makasih gan buat infonya, salam kenal aja gan

  62. mantapp gan,dah gak aneh jaman sekarang mah oMG app2 di bilang ALAY

  63. nama nya juga dunia entertainment,,pasti ada yang suka dan ada yang tidak sob.

  64. zaman dah semakin berbahhh..........
    thanks gan for infonya,,,

  65. nma nya juga musisi stiap ada Lirik lagu yg enak tw naik pesat perkembangan nya pasti di salah satu musisi lain ada yg srik...
    thanks gan ifonya salam kenal

  66. iya bener juga tuh gan ,,jaman sekarang tuh mulai pada berubah, makasih buat infonya

  67. i feel very lucky can find this page..
    finally i find something that i want to know..
    thank you for this usefull informations..

  68. zaman dah semakin berbah,sekarang lagu yg liriknya lemot di bilang alay semua...
    kasihan y para musi kl bgni truzzz

  69. infonya berguna sekali

  70. bener juga tuh mas, sangat berguna sekali imformasinya, makasih buat infonya

  71. i feel very lucky can find this page..
    finally i find something that i want to know..
    thank you for this usefull informations..

  72. iya tuh seharus nya sesama musisi jangan saling meruntuh kan , bersain aja jengan cara damai ia kan,, makasih atas infonya

  73. hehe bagus 2 infonya ..bagi terus ma kami ya info terbarunya..

  74. lain ladang lain belalang tentunya...

  75. Menurut saya....ya begitulah mereka menganggap music mereka lebih bagus....mereka selalu menganggap sesuatu lebih keren dan bergengsi saat dia naik daun, jika mereasa dikalahkan akan mencaci :(

  76. Kata guru saya, jangan pernah bilang suatu music itu tak baik, tak enak karena sejatinya menciptakan satu note aja susah...maka hargailah...

  77. padahal kan enak enak juga lagunya,,masa band alay sih,,,

  78. yang penting enak buat didengar dan bisa menghibur ,,,justru malah positiv bisa mengeluarkan karya buat menghibur orang banyak,,,ga alay juga tuh,,,

  79. harus menghargai sesama musisis dong jangan sampai saling meledek gitu,,

  80. iya tuh gan , saya juga herna tuh gan , makasih banyak buat infonya

  81. kalo menurut saya , kalo masih mau denger musik jangan menghina, memang nya yang menghina nya sudah bisa nyiptain lagu dan suaranya sebagus itu

  82. Klo menurutku alay tu sebutan buat penonton musik bayaran dari pentas ke pentas. yang suka nari bareng koreo-nya sama tu lo.. ga natural banget. makanya aq bilang menerka anak alay... klo band disebut alay lebih karena penampilannya kali. klo musiknya aq mah ga setuju. klo dr segi dandanan mungkin krn mereka rambutnya suka diacak-acak ga jelas dan berpenampilan yang mengalahkan musiknya. jadi mungkin orang jadi ngejudge luarnya sampe ga merhatiin musiknya..

  83. thank sob buat infonya, kalo menurut saya , kalo belum bisa nyiptain lagu atau suara masih jelek jangan menghina begitu donk,

  84. hargai lah kreativitas orang jangan malah saling meledek,,

  85. jangan saling menghina sama sama jalan di dunia musik harusnya saling dukung satu sama lain,,

  86. terkadang yg bikin org suka bukan cuma lagu atau lirik nya sih, tp krn kebiasaan dgr jadinya familiar dikuping :p

  87. alay atau ga alay semuanya kayaknya enak di denger kok hehe asal ga menghina satu sama lain aja

  88. thank sob buat infonya, sukses selalu

  89. makasih Informasih nya....
    good luck always....salam kenal

  90. kalo menurut saya jangan menghina , kalo memang yang yang menghina nya masih alay begitu , hehe

  91. makasih banyak gan buat informasinya , sukses terus gan

  92. thanks ya...
    sukses selalu....

  93. semoga sukses aja dech musik indonesia,,,!!!

  94. hmm iia terkdg memanx selera mzik tu sangt berbeda-bda....

  95. ok bos.... mantap

  96. thanks infonya.
    maju terus musik indonesia

  97. iya bener banger tu...
    selera musik memang berbda...

  98. sebenernay saya suka naif, tapi kalau cara mereka seperti itu ... bener-bener seratus persen naif!
    lah musik kan gak ada batasnya ...
    kebetulan aja mereka diberi kemampuan untuk menciptakan musik yang berbeda.
    coba kalau mendadak imsomnia, trus malah jadi seneng dangdut.. piye jal?

  99. wahwah maksudnya apa ya ??

  100. mereka yang menyebut band alay lah yang sebenar nya alay...

  101. semua orang pasti memiliki kesukaan yang berbeda-beda..
    tapi tidak sepantas nya menilai yang tidak baik jika tidak menyukai..

  102. salah banget tuh gan mereka yang menilai kalo st12,wali,kangen band itu band alay...
    karena mereka semua itu memiliki kualitas lagu yang sangat bagus..

  103. harus nya sesama musisi harus saling mendukung satu sama lain..
    jangan malah meledek musisi lain..

  104. itu sih orang orang sirik aja kali karena ngga tenar :)

  105. bener juga ya,,,
    msti jadi pelajaran neh...

  106. hemmm apa mungkin aja itu cuma kerjaan mereka yang pada sirik akan popularitas dan kebintangan mereka..???

  107. selera orang kan emang beda beda :D ~ sukses mas :))

  108. gak seharusnya kita menjelek-jelekan atau mengecap band Alay,,belom tentu dia juga bagus,,,semua orang punya karakter masing-masing,,,

  109. bener banget nih gan, musik termasuk dalam kategori universal..

  110. itu sii kerjaan orang yang pada sirik aja kali gan ..

  111. saya setuju sama yg 'Kangen Band' nya tuh,,
    soalnya penampilan mereka suka berlebihan bangetttt ..

  112. Mempunyai arti yang sulit dimengerti,tapi salam kenal dan semoga sukses selalu....!

  113. Kalau saya musik apa saja ok yang penting di samping saya ada segelas kopi, heheheh......

  114. namanya juga keinginan...

  115. Selera boleh beda tapi ya jangan terlalu.. :D

Post a Comment

- Blog ini DoFollow tapi dimoderasi.

- Silahkan gunakan Name Author sebagai Keyword karena Link Live tidak diperkenankan.

- Link taruhan & lendir tidak diperkenankan.