Bersembunyi di Belakang Takdir??

timnas indonesia
Membaca surat kabar Tribun Jogja pagi ini membuatku marah dan kecewa akan pernyataan penanggung jawab tim nasional Indonesia, Bernhard Limbong yang dengan sangat enteng menjawab kegagalan pasukan Garuda di ajang pra kualifikasi Piala Dunia sebagai sebuah TAKDIR yang sangat sulit dihindari oleh Indonesia.

Pelatih yang "hebat" adalah pelatih yang bisa mengoptimalkan potensi yang ada. Yang mempunyai banyak strategi untuk mengantisipasi hal yang gak terduga


Persoalan tentang kematian ayah Ricardo Salampessy, Christian Gonzalez yang tidak fit. Greg N dan Viktor I yang belum bisa dimainkan adalah akumulasi dari kendala-kendala yg ada dimana pelatih wim tidak bisa menerapkan strategi yang sudah dirancang

"Saya kira sudah sangat jelas Indonesia kalah dengan skor 4-0. Kami tidak mau melempar tanggung jawab atau menyalahkan siapapun atas kegagalan ini. Ini sudah menjadi takdir yang tidak bisa lagi dihindari," kata Limbong kepada Tribunnews.com

Sebagai pencinta TimNas, saya sangat dan kecewa dengan ucapan itu. Ucapan itu seakan2 bentuk lepas tangan dan lari dari sebuah tanggungjawab akan persepakbolaan negeri ini khususnya TimNas Senior. Bagaimana tidak?? dengan mengatasnamakan TAKDIR, seakan2 semuanya akan selese begitu ajah karena Takdir adalah sesuatu hal yang tidak bisa diganggu gugat.

Memang benar, Takdir Timnas Senior kalah (dan belum saatnya berbicara lebih di level yang lebih tinggi) tapi setidaknya bisa sedikit melek matanya, mendengar kritikan orang2 akan keadaan TimNas terutama pelatih. Bagaimanapun juga pelatih lebih bertanggungjawab akan semua ini. Dimana "omongan kasar", kritik dan protes pengurus PSSI terhadap kinerja kepelatihan Wim?? Apakah mereka gak bisa meliat progress yang dicape adalah kemunduran??

Dan lagi, alesan tersebut sangat tidak masuk akal dan pelatihpun sepertinya lempar tangan alias gak mau tanggungjawab. Bukankah pelatih yang "hebat" adalah pelatih yang bisa mengoptimalkan potensi pasukan yang ada? Mempunyai banyak strategi untuk mengantisipasi hal yang gak terduga.

Akumulasi kendala yang disebutkan diatas, secara gak langsung juga merupakan akumulasi akan ketidakbecusan PSSI sekarang yang tidak tegas, plin plan, dan lebih parah dari era sebelumnya.

Salam dari pencinta Sepakbola Indonesia


* Sebuah TAKDIR sodara Limbong mengucapkan itu
* Sebuah TAKDIR juga saya membuat postingan seperti ini
* Sebuah TAKDIR Menir Wim ditunjuk melatih TimNas Senior
* Sebuah TAKDIR jua apabila nanti si Menir diganti (dan bahkan pengurus sekarang dirombak dan diganti dengan orang2 baru)


Pic : http://nunanunukesanakemari.blogspot.com/2010/12/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html

97 Comments

  1. waduhh,,benre banget tuh jangan selalu mengecap sebagai takdir...kan semua harus ada usahanya dulu....
    pelatih harus bisa membuat strategi yang kemungkinan akan datang saat pertandingan..

  2. takdir itu pasti terjadi,-
    banayk yg tidak menerima takdir itu dan banyak orang,-
    yg pasrah padahal kita bisa berusaha memperbaiki takdir

  3. Takdir itu udah ketentuan Allah. . . :)

  4. Inilah Indonesia,,, takdir sudah jdi tradisi :D
    go Indonesia,,, bersatu & bangkit

  5. Kalah itu kemenangan yang tertunda. . :)

  6. Kita itu tak pernah tau akan smua yg trjadi. .
    Tp ikhtiarlah. .
    Karena itu yang buatmu merasa slalu siap. .

  7. takdir tidak bersalah jngan menyalah kan takdir,
    karna kita kurang berusaha lebih baik lagi.
    mungkin dengan ketulusan dari hati kita yang ber sungguh2 kita pasti bisa.
    ayo semangat indonesia.

  8. nice post,,,,,,,

  9. Yahh,dan sudah takdir juga saya berkelana dan menemukan blog ini sekaligus takdir juga saya ikut meramaikan komentar ini

  10. memang itu semua sebuah takdir...
    tapi jika kita berusaha....
    pasti bisa merubah nya menjadi takdir yang lebih baik.

  11. takdir buruk bisa kita rubah jika kita terus berusaha untuk merubah nya...

  12. semua nya itu memang takdir...'
    tapi kan takdir itu bisa di rubah...

  13. mksud nya gmna sih masih belum ngerti nih :D

  14. smua takdir disa kita rubah,,.!!!

  15. kok takdir senua nas,,, hehehehe,,,

  16. takdir masih ada yang bisa di rubah,,entahlah orang seperti apa yg menyebutkan indonesia kalah itu takdir,,yang jelas kita harus selalu suport timnas kita :)

  17. apa ya????

    tapi kok gambar nya timnas indo ?

  18. memang mungkin saat ini kegagalan saat ini bukan hanya pada pelatih melainkan kinerja pssi yang begitu kacau sehingga sepak bola kita jalan di tempat...

  19. takdir itu sudah di tentukan oleh yang maha ESA makaka dari itu kita tidak bisa menyembunyikanny itu semua

  20. timnas senoir kita memang sedang terpuruk, tapi tangan terlalu fokus ke timnas senior sekarang fokuslah ke tunas" muda kita biarlah kemarin buruk tapi jangan biarkan itu terjadi di masa depan. . .

    AYO, INDONESIA BISA..!!!

  21. info yg bagus gan
    sukses slalu di tunggu update berikutnya

  22. wahh info yang cukup bermanfaat sekali nich

  23. seuatu tidak akn berubah bila kita tidak berusaha...

  24. takdir tidak bisa di rubah tapi kalo nasib itu baru bisa di rubah.

  25. kekalahan timnas bukan karena takdir tapi kesalahan PSSI memilih pelatih yang kurang bagus.

  26. tidak ada yang perlu di sesali dari kekalahan timnas kita, jadikanlah pelajaran agar bisa lebih baik lagi buat kedepanya.

  27. walaupun timnas kalah tapi aku tetap cinta timnas indonesia....ayo bangkit timnas indonesiaku.

  28. tetap semangat timnasku.........thanks gan artikelnya.

  29. nice gan infonya... salam kenal aj.

  30. kalahnya timnas tidak lepas dari kepelatihan wim yang kurang pintar mengatur strategi.

  31. semoga PSSI bisa memperbaiki kinerjanya dalam memajukan sepak bola tanah air kita. sebelumnya makasih gan artikelnya.

  32. pssi,,,, yes.
    ayo bangun kedepan lebih baik.
    kita selalu dukung untuk kebaikan Timnas.
    by: info@jeparafurnishing.com (pengrajin mebel jepara)

  33. ayo.. pssi. bikin bangga pedukungmu

  34. Ikut menyimak artikelnya Gun :-)
    Silahkan mampir2 juga ke Web saya.

    Salam Outbound !

  35. takdir memang gak bisa di pungkiri dan,
    semua takdir akan terlaksana..
    jadi kita harus percaya sama takdir..

  36. siapa bilang takdir gak bisa diubah?
    asalkan berusaha keras dan rajin berdoa

  37. takdir bisa diubah jika berusaha dan berdo'a :)

  38. semangat teruuus :)

  39. ayoo maju indonesia :)
    kita selalu mendukungmu :)

  40. indonesia hanya kurang beruntung saja...


    jangan mengeluarkan statement yang menurunkan rasa nasionalisme bangsa..

  41. artikel yang menarik dan bermanfaat :D

  42. kekalahan memang sudah biasa,
    pepatah bilang kekalahan adalah kundi utama untuk menuju kemenangan.
    mangkan nya jangan bersembunyi di balakang takdir.
    suatu saat indonesia menang,.

  43. mungkin belum waktunya Timnas indonesia menang .
    tapi harus tetep semangat , jangan menyerah untuk jadi yang terbaik

  44. wah ane sangat setuju dengan kata-kata gan dalam artikel gan itu, seharusnya seorang pelatih dapat mengoreksi diri kenapa bisa kalah bukan malah lepas tangan dari tanggung jawab, terus PSSI juga seharusnya berfikir bagaimana bekerja dengan baik jangan hanya merebutkan kursi kekuasaan saja. pssi baik karena timnas fikirkan dong para pemain.....untuk mas gan terimakasih udah ngasih infonya ane jadi ikut emosi sama PSSI nih

  45. Mungkin maksudnya, setelah semua usaha tetap takdir yang akan terjadi.Seperti istilah, manusia berusaha Tuhan yang menentukan.

  46. yang seperti itu bukan takdir, tapi usaha yang belum maksimal......

  47. berusaha lagi mas :)

  48. takdir dapat diubah, semangat terus garuda..

  49. yapp,,gak baik menyalahkan semuanya kepada takdir,,
    padahal takdir kan bisa dirubah kalo kita mau berusaha,,,

  50. semua sdh ada yang ngatur, kita sebagai makhlukNya harus selalu beramal sholeh utk bekal kita nantinya

  51. Manusia wajib berusaha, tapi hasil tidak akan selalu sama dengan keinginan manusia.

  52. takdir ad yang bisa dirubah dan ada yang tidak bisa disubah...yang bisa dirubah masih bisa diusahakan.........

  53. xlo menurut saya sih kekalahan timnas senior dalam pra piala dunia itu bukan takdir,coba kita lihat sebelum timnas di latih oleh pelatih asal belanda itu. timnas bermain sangat bagus di ajang piala AFF.itukan menunjukan kepelatihan si wim tudak becus melatih timnas.

  54. ayo timnas indonesiaku harus bangkit dari keterpurukan.karena masih ada sisa pertandingan yang harus di jalani.

  55. materi pemain timnas sebenernya sudah bagus tapi sangat di sayangkan sang pelatihnya tidak bisa mengatur strategi yang bagus.

  56. betul gan itu hanya dalih pelatih bule itu yang mengatas namakan takdi. mana ada pelatih yang timnya lagi kalah malah dia tenang tenag aja. mending ganti aja pelatinya...!!!

  57. sayang tuh udah bayar mahal mahal buat pelatih asing tapi malah timnasnya terpuruk. mending nyari pelatih lokal aja. toh masih banyak ko pelath lokal yang bagus.

  58. tetap semangat timnasku jangan menyerah sebelum bertanding. do'aku selalu menyertaimu.

  59. mungkin bukan saatnya timnas kita menjadi juara..

  60. yah, kurang berdo aja..

  61. lain kali menang!

  62. potensi bisa sama kalu di kembangkan, itu pelatih yang kecil hati......

  63. itu pelatih yang ga punya semngat, pantes indonesia kalah, pelatihnya juga seperti itu....

  64. seorang pelatih yang bagus dan punya talenta untuk jadi pelatih, adalahg yang bisa menanamkan semangat kemengan, bukan seperti itu...

  65. pengurus PSSI hanya mengedepankan ambisi dari pada prestasi anak bangsa..

  66. PSSI Pengurusnya gak Peduli sama Prestasi,Cuma Peduli sama koalisi

  67. Tuhan telah memberikan ketentuan kepada setiap orang, bahkan mungkin tk dapt di rubah lag, terima kenyataan merpkan jln terbaik,,,,,,,,,,,,,,nmn hars ingat bahwa msh ada kesempatan yng lebih baik untuk meraih prestasi yng gemilang and jngn patah semanagt ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,dngn berusaha, kerja keras dan latihan yng disiplin maka kemenangan akan di raih dngan membawa kebahagiaan,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,ok mas,,,,,,,,,,,!

  68. informasinya sangat bermanfaat sekali nih gan, makasih banyak yah buat infonya

  69. kalau memang berusaha dengan sungguh2 takdir seperti itu bisa dirubah

  70. bersembunyi tidak akan menyelesaikan masalah..

  71. tenang aja saya masih berharap sama syamsir cs bila yang senoir sekarnag gagal total...

  72. yang ada dalam otak saya hanya kenapa kenapa kenapa kita selalu gagalllllll........

  73. ngapain juga mesti bersembunyi toh cuma pengecut yang ngelakuin itu...

  74. mmmmzz...
    salam kenal buat semuanya para pendukung timnas

  75. Kalau RD sih sportif mengakui gagal

  76. Mungkin kita harus belajar jadi jantan lagi ya mengakui kesalahan dan memperbaikinya

  77. selama masih ada kesempatan,,,
    kita harus berusaha,,,
    bangkit INDONESIA

  78. tugas dan kewajiban kita memang hanya berusaha semaksimal mungkin untuk meraih yang kita inginkan, langkah selanjutnya adalah dengan menyerahkan dan menerima hasil akhirnya sebagai keputusan dari Yang Maha Pencipta,

  79. sebelum bersembunyi di belakang takdir lihat dulu sejauh mana usaha yang telah dilakukan,,apakah telah benar-benar maksimal atau tidak??hanya itu.

  80. labih baik introsfeksi diri san memperbaikinya

  81. jangan sembunyi di belakang takdir,
    hadapi saja semuanya dengan sabar dan tabah..

  82. meskipun bersembunyi di balik baja baja sekalipun,takdir tetep mengukiti kita,ehrrrrr,v tergantung tipe takdir itu sendiri

  83. bener juga nie gan,,,

  84. Hi, come to my blog

  85. kita hanya butuh peltaih yang mengerti akan kualitas pemain kita ...
    dalam artian mampu mengoptimalisasi pemain yang ada ,,,

  86. berusaha, berusaha dan berusaha,,,
    tentang hasilnya yang diluar harapan itu biasa yang penting evaluasi diri mengapa bisa gagal bukan mengkambinghitamkan suatu hal

  87. sepakbola kita sulit berkembang selama kepalanya masih rebutan kekuasaan dan DUIT

  88. kekalahan memang sudah takdir tapi itu takdir yang bisa kita rubah . dengan semangat strategi yang jelas takdir seperti itu bisa di rubah tinggal bagaimana kita menjalani nya aja .

  89. yah giliran kalah malah pada bersembunyi slaing menyalahkan ..
    padahal mah kekalahan itu adalah hasil maksimal mereka juga .. harus nya kita jangan saling menyalahkan atau bersembunyi lebih baik kita memberi motivasi yang baik agar mereka bisa lebih baik juga tentunya
    salam

  90. takdir .. itu memang takdir tapi kenapa kita harus bersembunyi .? malu mungkin ya karena kekalahan .. ha ha ..
    tetap semangat aja lah buat timnas indonesia

  91. buat timnas semangat terus iyah :)

  92. hmm bener juga ya ckck..

  93. tak ada yang bisa mengubah takdir.

  94. Kok bisa gini ya ...??

  95. Terimakasih banyak atas informasinya..!
    salam kenal dan semoga sukses selalu...

Post a Comment

- Blog ini DoFollow tapi dimoderasi.

- Silahkan gunakan Name Author sebagai Keyword karena Link Live tidak diperkenankan.

- Link taruhan & lendir tidak diperkenankan.