Sebelum BBM Bersubsidi Naik

Ada wacana pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi bulan ini. Alasannya karena salah sasaran juga untuk memanfaatkan dana subsidi BBM untuk hal lain yang lebih bermanfaat. Menurut saya pribadi, sebelum BBM naik, ada baiknya pemerintah melakukan intropeksi dulu di dalam tubuh BBM itu sendiri

harga BBM bersubsidi akan naik

1. kelancaran distribusi BBM sampai ke seluruh wilayah
Selama ini sering kita melihat, mendengar, membaca distribusi BBM kadangkala telat, bahkan kosong sama sekali (terutama pada hari2 tertentu misalnya Hari Lebaran). Tentu banyak hal yang mengakibatkan ini bisa terjadi. Pemerintah harusnya lebih bisa menjamin dan membuktikan distribusi BBM ini menjadi lancar, tidak ada telat atau bahkan sampai kosong

2. Kabar yg beredar bahwa ada oknum2 yang menyelundupkan/menjual BBM yang harusnya untuk kita ke luar negeri untuk mendapatkan keuntungan karena harga BBM diluar negeri lebih mahal. Bahkan kabar yang beredar mengatakan bahwa oknum2 itu adalah orang pemerintah sendiri. Tujuan penjualan BBM itu salah satunya adalah negara Singapura. Dikutip dari Kompas, harga BBM jenis oktan dibawah 92, harga BBM di Singapura Rp 16.000. Apabila penyelundup itu menjual BBM kita yang hraganya Rp 4500 ke Singapura dengan harga Rp 8000 saja, berapa pundi rupiah yang akan dia dapat?? Wow..

Akan lebih baik jika pemerintah bisa fokus dulu mencegah hal ini. Bukankah hal ini sama saja juga "membakar uang rakyat" yang juga membebani subsidi itu??

3. Aturan yang lebih tegas dan benar2 siapa saja yang boleh mengkonsumsi BBM bersubsidi.
Ini juga yang jadi alesan kenapa BBM "wajib" naik karena disebutkan bahwa BBM selama ini salah sasaran dan dinikmati oleh orang kaya. Apakah selama ini ada aturan yang bener2 tegas soal ini?? Saya kira tidak. Kalopun ada juga tidak mengikat kuat. Sebagai contoh BBM untuk usaha/pabrik skala besar. Mereka begitu mudah mendapatkan dan memakai BBM bersubsidi untuk proses produksi dan itu terbutki aman sampai sekarang

4. Mungkin sobat bisa menambahkan

Saya kira, beberapa point itu harus pemerintah lakukan dulu sebelum pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi naik. Jangan cuma pake alesan "salah sasaran" dan untuk "mengalokasikan APBN untuk hal yang lebih bermanfaat biar rakyat marginal bisa menikmati". Sebagai contoh, apabila harga BBM jadi naik, katakanlah menjadi Rp 6000, oknum penyelundup/penjual tetep bisa beraksi walopun profit yang didapat kemungkinan akan lebih kecil. Bukankah itu sama saja dengan apa yang terjadi sekarang??

Dan lebih bahayanya lagi, penghematan APBN yang harusnya untuk kepentingan rakyat akan dikorupsi. Bukankah dengan harga BBM naik, ada beberapa Miliar yang "nganggur" ??

Saya sendiri mau harga BBM naik, monggo.. Gak jadi naik juga monggo.. Harga BBM malah turun juga monggo..


* pengen rasanya gak mikiri persoalan negara yang semrawut ini tapi kok ya tetep jadi pikiran yg juga semawrut di pikiranku


Gambar : http://news.radartotabuan.com/read/15605/kenaikan-harga-bbm-berdampak.html

310 Comments

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 310   Newer›   Newest»
  1. mikirin persoalan pemerintah indonesia bikin pusing tujuh keliling sampe mau muntah. Seharusnya pemerintah itu memberikan kebijakan demi kesejahteraan rakyat, bukan untuk kesejahteraan kantongnya.

  2. Kalau BBM naik, imbasnya tentu juga kemana-mana, termasuk ke blog toko online yang saya kelola, biasanya konsumen jadi sedikit bertransaksi. Tapi naik turunnya BBM kalau negara kondusif itu bagus. Katanya sih kita kurang nasionalis? Contoh ya sobat: saya punya laman FB yang mengelola toko online, minta like dari rekan2 yang lain susahnya minta ampun, tapi ketika saya punya teman dari prancis, singapura dan malaysia, ketika mereka saya minta me-like laman FB saya, mereka tanya "Apa benar usaha yang kamu jalani, saya jawab, kl Anda berkunjung ke Indonesia, ke Bandung Anda bisa lihat usaha saya. Wah mereka tidak segan-segan untuk memberikan likenya juga membagikan link blog saya. Nah kl dikita, kembali lagi Nasionalisme nya hilang.

  3. Begitulah jika negara berkembang yang tengah menggeliat. Hajat hidup orang banyak dikontaminasi oleh politik segala. Untungnya ekonomi kita "Auto Pilot"...:)

  4. intinya sih kenaikan harga bbm juga perlu disesuaikan dengan pendapatan rakyatnya.

  5. Walau bbm tidak disubsidi lagi itu gak berpengaruh bila penghasilan kita seimbang dengan pengeluaran

  6. ane suka gaya ente :D

  7. Izin baca2 blog nya... Salam kenal :)

  8. Sembako naik, ongkos angkutan umum naik, kebutuhan hidup makin meningkat, lapangan pekerjaan sulit di dapat, itulah beberapa dari sekian banyak kekhawatiran masyarakat indonesia..

  9. terima kasih saya ucapkan, atas segala kebaikan yang yelah anda berikan melalui web anda ini.
    ini sangat bermanfaat dan sangat memotivasi saya dalam hidup. salam kenal dan sukses selalu gan.

  10. artikel yang sangat luar biasa semoga bermanfaat untuk kita semua. salam sukses selalu gan.

  11. artikel yang sangat memotivasi saya, makasi ya gan dan salam sukses

  12. BBM naik kasihan bagi kalangan menengah ke bawah kaya saya..hikz
    mksh gan info'x..

  13. mkasih banyak sob buat informasinya semoga bermanfaat buat kita semua ....

  14. wah BBM mau di naikin lagi, kasihan rakyat miskin

  15. ada apa lagi ini pemerintah, mau naikin BBM mending urusin saja koruptor

  16. saya sangat tidak setuju bila BBM harus naik

  17. nanti rakyat juga yang jadi korban, saya rasa kebijakan menaikan BBM bukan kebijakan yang tepat

  18. Semoga BBM masih cukup buat kita dan anak cucu kita :)

    Daripada mikirin BBM.., baca2 buku dulu biar kagak pusing!! Kunjungi ya.., Toko buku online Hon Book Store di :

    http://www.honbookstore.com/

  19. pasti banyak oknum yang menyelundukn bbm..
    aparat harus bertindak..

    slam blogger

  20. Optimalkan pajak aja...

  21. bbm naik, hadeh sudah biasa

  22. tulisan menarik gan... salam kenal

  23. semoga pembangunan infrastruktur dapat lebih baik dgn Pengurangan subsidi

  24. BBM komoditas penting dari kalangan bawah terutama atas. pintar2nya pemerintah aja membuat kebijakan.

  25. Artikel yang bagus..
    semoga bermanfaat untuk orang banyak.

  26. BBM akan tetap naik walaupun banyak yang nolak, kecuali ..... ? BBM tidak jadi naik

  27. kalau saya naik tidak masalah, tapi seperti artikel di atas, kalau ada penyelundupan, dll yang belum di tangani, inikan sangat merugikan, jadi ya kita tolak aja kenaikan BBM bersubsidi..

  28. makasih gan buat informasinya yah ,,,semoga bermanfaat buat kita semua ...

  29. nice post gan, artikel unik dan bagus. SEMOGA BERMANFAAT, ditunggu postingan selanjutnya :D

    Wisata Pulau Tidung
    Pulau Tidung
    Tidung
    Agen Wisata Tidung

  30. wahhhh...jangan2 itu tuh sob biangkeroknya..,yg mnjadi BBM kita langka n akhirnya mnjd naik...tergiur dg 2 dolar, rakyat jadi lapar...he...salam kenal n thank

  31. thanks ya gan buat infonya.. kapan2 mampir ke blog saya http://nandarious.blogspot.com/

  32. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

  33. cuma satu kesalahan pemerintah yang fatal dalam hal ini, yaitu Pemerintah PLin-pLan dalam mengambil kbijakan..Alhasil BBM lum naik harga sembako sudah melambung!!tanya kenapa?

  34. BBM naik rakyat yang akan jadi korban.

  35. Ya walaupun faslitas naik, tapi kenaikan BBM justru juga menaikan semua harga.

  36. tau ga gan? ada 4 fraksi menolak bbm naik,PDI Perjuangan, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Gerindra,dan Partai Hanura.dan 5 fraksi yg setuju bbm naik: Golkar, PAN, PKB, Demokrat, dan PPP.

    apa kata Fahri Hamzah : Tahanlah tanganmu wahai Presiden, tahanlah keinginanmu untuk menahambah penderitaan rakyat,"

  37. ya saya setuju sekali itu dengan artikel ini.
    thx sharenya ya??
    mudah-mudahan pemerintah kita dapat introspeksi diri dan dapat menjadikan indonesia lebih maju.

  38. BBM naik itu memang sudah seharusnya seperti itu karena subsidi uang negara bukan hanya untuk bbm saja masih banyak hal lain yang harus diperbaiki, subsidi BBM bisa dialihkan ke subsidi pendidikan atau kesehatan.

  39. BBM gak naik rakyat tetep menderita, BBM naik rakyat makin menderita, jadi sebaiknya bagaimana kitanya saja menanggepi masalah BBM ini, jadi harus lebih kreatif dan gak putus asa dalam menghadapi masalah hidup

  40. IA GAN BIKIN BINGUNG AJA..KASIAN RAKYAT KECIL....

  41. BBM naik rakyat jadi korban tapi pejabat senang

  42. BBM naik...tanggung klo naiknya cuma sedikit...gnapin ja menjadi 15ribu...kan jadinya gak kalah saing ma negri tetangga n bahkan unggul...he...(lihat singapure dg rate@Rp.13.000,-. salam...

  43. seharusnya bbm tidak naik tetapi yang mobil pribadi tidak boleh memakai BBM bersubsidi yang boleh hanya angkutan umum saja

  44. semua barang pada naik

  45. seandainya ekonomi tanah air kita serba mencukupi mau naik 20,000/liter juga gak masalah, tpi ini karna masih banyak kekurangan ya yang ada malah semakin susah

  46. kalo emang BBM harus Naik, yang katanya untuk menyelamatkan APBN, Harus di imbangi dengan suatu strategi untuk rakyat agar tidak menambah penderitaan bagi rakyat kecil

  47. BBM naik makin sengsara aja rakyat indonesia, kasihan..
    mksh info'x gan..

  48. terimakasih atas infonya

  49. tadi lg lhat britta gan .
    akutan umum pada pengen mudik , harga bensin naik 20% gan , capek dehhh

  50. wow, artikelnya bagus, semoga jdi motivasi untuk lebih maju

  51. BBM naik rakyat menjerit karena bahan-bahan sembako juga ikut naik.jengkol saja nyampe 100 ribu/kg.waduh-waduh....

  52. kalau sudah naik, kami hanya bisa berharap pengalihan subsidi tepat pada sasaran membantu yang lemah

  53. BBM NAIK TIDAK APA-APA ASAL KAN UANG JAJAN PUN IKUT NAIK..
    HEHEHEEH....

  54. terimakasih nih buat infonya...

  55. kenapa sih BBM harus dinaikin amat kan kasian buat dirakyat kecil ...

    makasih agan buat informasinya yah semoga BBM nya turun lagi

  56. bbm naik rakyat menjerit...

  57. apalagi ada oknum yang mengoplos bensin dengan solar gan, sungguh sangat disayangkan dan merugikan banyak orang hanya dikarenakan ingin meraup keuntungan yang besar. apalagi dengan bbm bersubsidi masih ada saja yang menyelewengkan

  58. BBM boleh naik, taoi kasih lapangan pekerjaan untuk rakyat

  59. Pemerintah semestinya membenahi kasus korupsi dahulu sebelum menaikan BBM, karena menurut saya yang merugikan Anggaran Negara paling banyak adalah para KORUPTOR kelas kakap di kalangan Elite Politik. Jangan mengalihkan kasus tersebut dengan menaikan BBM, kembalikan dulu aset negara yg meraka ambil. BLSM tdk seberapa, tapi dampak kenaikan BBM akan berpengaruh besar...

  60. saya setuju sekali dengan agan, gak masalah bbm naik yang penting memang tetap sasaran dan di imbangi kualitas dan kuantitas yang sesuai.

  61. menjadi pemimpin memang serba salah, apalagi menjadi rakyat. kapan bangsa ini menjadi baik dalam segala hal

  62. sebuah sikap yang tak selayaknya ada dalam diri pemerintah,,seharusnya mereka ada untuk mendengarkan perkataan rakyat... bukan rakyat yang harus mendengarkan peraturan pejabat, sungguh ironis menyaksikan semua ini

  63. BBM ini memang serbasalah.... di naikkan salah, ga dinaikkan salah :(

  64. maksih infonya

  65. BLS sekarang juga gak tepat sasaran

  66. BBM naik masyarakan miskin sengsara, semua ikut naik

  67. Indonesia masih di pringkat 49 dari 60 di dunia yang mempunyai harga BBM termahal itu berarti 48 Negara lebih mahal lagi..

  68. liat point no. 2 rasanya miris sekali.semoga diberi kesadaran agar menjadi manusia yang lebih baik.

  69. dan bbm pun akhirnya naik. ikhlaskanlahh...yang terpenting BLSM harus benar-benar tepat sasaran

  70. indonesia makin parah.. yang kaya makain kaya ..

  71. Tulisan yang menarik, ditambah lagi dengan gaya penulisan yang santai menjadikan pembaca betah membaca blog ini. Materi yang disampaikan juga simple dan mudah dimengerti.

    Salam hangat,


    Interesting writing, coupled with a relaxed style of writing makes the reader feel at home reading this blog. Material presented is also simple and easy to understand.

    Warmest regards,

    http://borobudurrafting.com/, +6281.227744.23(Telkomsel Indonesia)

  72. Kalau BBM sekarang naik memang sangat berpengaruh sekali terhadap orang banyak apalagi rakyat kecil, seharusnya pemerintah memepertimbangkan itu semua

  73. sungguh ironis :( marilah kita bantu saudara" kita yang membutuhkan ...

  74. BBM naik semua ikut naik, rakyat miskin sengsara

  75. dan akhirnya bbm pun naik, tapi saya sebagai pelajar duit jajanya tidak ikut naik :(

  76. bbm naik semua ikut naik...

    indonesia peringkat ke 49 dari 60 negara dengan harga bbm termahal. sedangkan di dunia ada berapa negara yang memiliki harga rendah ?

  77. ahhh gag relefann. kapan stabil nya ????
    http://desiberliani.blogspot.com/2013/06/pengobatan-alami-penyakit-asma.html

  78. tasi kau isi pertamax. gara2 premium abis... adeh...

  79. Sampai kapan BBM menjadi masalah ?" ha ha ha ..
    numpang lapak om Forum Informatika


  80. hemm selalu menarik untuk di simak..
    oiya artikel mengenai hiburannya di tambah yah biar lebih betah nantinya kita disini..


  81. nice artikel..
    terus berkaryaa

  82. Seruh sob artikelnya,, sampai huruf terakhir gw bela-belain baca. hehe...



  83. hemm selalu menarik untuk di simak..
    oiya artikel mengenai hiburannya di tambah yah biar lebih betah nantinya kita disini..

  84. terimaksih sangatt bermanfat

  85. betul mas, thanks infonya, salam kenal dari newbie http://aydhasuzuki.blogspot.com http://rinasuzukimakassar.blogspot.com

  86. betul mas, thanks infonya, salam kenal dari newbie http://aydhasuzuki.blogspot.com http://rinasuzukimakassar.blogspot.com

  87. Kalo BBM naek..
    Pasti yang laen pada naik tuh -_-"

  88. kadang ada benernya juga, kadang orang kaya juga ikut menikmati subsidi...

  89. bbm udah naik, barang2 jadi ikut naik...

  90. BBM = bener bener mahal

  91. Kalau bisa BBM naik tapi harga sembako tidak naik.

  92. menarik gan ,,, info yang aktual

  93. mksih ya infonya bgus

  94. bbm udah naik, barang pasti akan naik

  95. ko subsidi bisa salah sasaran sih gimana tadinya,,,>>>????

  96. BBM naik pasti juga kebutuhan pokok ikut naik.... tapi apakah gaji juga naik ya....???

  97. bbm udah naik, barang2 jadi ikut naik...

  98. bbm naik yg lainnya jg pasti ikut ikutan gan

  99. kalu mikirin urusan pemerintah memang bikin pusing.. seharusnya pemerintah bersikap bijak , dan memikirkan rakyat yan kecil.
    tmksh infonya gan.

  100. makasih infonya sob..,ijin baca

  101. Kenaikan gaji di PNS rasanya tidak ada artinya bila dibarengi dengan kenaikan harga bahan pokok lainnya. Kenaikan cuman 200 ribu...sedangkan kenaikan bahan pokok lainya bisa mencapai 400 ribu.... gmn ini...

  102. makasih gan infonya ,semoga sukses ya:)

  103. makasih ya sob,imfonya sangat menarik,sukses ya gan:)

  104. nice info and go for success, hopefully

  105. saya setuju dengan tanggapan sampaian,
    apalagi setelah naiknya BBM dengan adanya BLSM menurut saya kebijakan yang kurang tepat jg, pemerintah selalu membuat kebijakan yang tidak mau direpotkan yakni dengan program yang sellu berkelanjutan, hampir semua kebijakannya hanya tender(proyek) karena lebih mudah dan tidak ribet, tidak harus mengawal bertahun-tahun. dalam kontek BLSM jga ketika sudah dibagikn ya udah selesai urusanya, bnyak hal lain lagi. terima kasih

    salam Curahan Tangan dari Warga Margasari Kec Sidareja yang lagi belajar Pekerja Sosial dan Wisata Murah

  106. harga jadi mahal semua sekarang... tapi mau bagaimana lg... BBM sudah naik

  107. BBM sudah naik, bareng waktunya sama menjelang puasa dan lebaran. harga-harga ikutan naik. Kasihan rakyat kecil, BLSM gak ada artinya.

  108. Ingat waktu dulu bensin cuma 350 perak, hidup ini terasa indah

  109. Very Interesting Article
    I really like your writing
    I hope your blog more successful
    regards

    http://artist-tonight.blogspot.com/

  110. wah...lucu juga gan. kunjung tempat ane ya....

  111. BBM = Buat Barang Mahal

  112. artikel nya bagus, keren, berkualitas dan bermanfaat banget gan :)
    keep sharing dan posting yg berkualitas gan :)


    kunjungan pertama :)
    palabatik
    tokobagusbaju

  113. naik bbm bukan salah pemerintah saja, namun juga masyarakatnya yang gak bisa bekerjasama.... karena itu subsidi gak sampe target dan pengeluaran negara jadi bengkak, alhasil utang negara makin banyak...

  114. informasinya bagus banget.....sukses selalu.....

  115. Nice post, materi artikel yang bagus. Meskipun blog bukan media massa seperti halnya koran, tapi materi yang disampaiakan dalam blog tetap berpengaruh pada kualitas sebuah blog. Tulisan dengan materi yang baik dan memadai akan lebih mudah diterima saat disertai dengan gaya penulisan yang lugas dan santai. Once again, nice post.


    http://spesialisdesainrumah.blogspot.com, +6281.23.2626.994

  116. makasih buat infonya mas :)
    semoga bermanfaat untuk kita^^

    kunjungi balik situs saya :)
    saya tunggu kunjungan dan comment yang relevannya :)

  117. Bermanfaat Sekali mas Infonya.. Terima kasih Banyak
    Salam http://rentalmobiljogjamurah.blogdetik.com/

  118. BBM Sudah naik dan harga semakin naik
    program pemerintah tidak berjalan dengan semestinya

  119. Mantab Sekali gan Artikelnya.. Terima Kasih .. Sangat Bermanfaat. Salam Rental Mobil Jogja

  120. makasih gan, sangat keren heheh terus berkarnya ya. kunjungan balik ya gan indischool sidoarjo

  121. nice info sob,,,,tq | salam kenal

  122. BBM naik lagi, naik lagi,,, kasian rakyat kecil kena dampaknya..

  123. BBM bikin sengsara kepada masyarakat yang di bawah rata-rata.

  124. Oh, jadi begitu toh :D

  125. BBM murah berakibat dan berimbas makin sulitnya daya beli masyarakat.

  126. terimakash banyak atas informasinya

  127. makasih......

  128. apapun kebbijakan pemerintah saya hargai,tapi hargailah penghasilan rakyat juga,dengan begitu ada keseimbangan

  129. sebelum BBM naik, nnek gua bisa beli banyak item di super market, karena tidak ada CC tv. hehehe

  130. makasi sudah berbagi,indahnya berbagi di bulan ramadhan ini

  131. sangatlah berat menjalni hidup dengan harga bbm semakin tinggih saja

  132. Cari alternatif yang lain, atau nunggu air dirubah jadi BBM thun 3130 wkwk

  133. nice info gan

  134. BBM naik itu susah untuk dihindari, kerja keras saja tambah penghasilan

  135. Saya numpang ikutan nyari backlink Kak, baru tau yang namanya backlink n lagi nyobain ni...

  136. informasinya sangat menarik sekali,,,

  137. memamnhg ada penyelundup gan , orang2 yang tinggal di timur leste itu menyelundu kje daerah ttangga dulu sempat ada beritanya

  138. yah jaman sekarang apajuga naik bbm belum naik tp hrg bahan pokok dipasar sdh naik...bgm seh...

  139. thanks ya gan atas dofollownya.. sangat membantu sekali

  140. Nice post! keep write articles i really love your own post .

  141. terimakasih infonya gan..

  142. semoga perekonomian tidak guncang

  143. mumet aq mikiri koyo ngono. sebenere sg bener sopo

  144. ayo kita kawal BBM :) , kalau bukan kita siapa lagi

  145. Kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM adalah kebijakan yang bohong, khianat, dan dzalim. "Bohong" karena bukan subsidi BBM lah yang membekkan APBN negara, melainkan hutang negara yang oenuh riba! "Khianat" karena BBM adalah milik rakyat yang seharusnya dikelola dengan sebaik-baiknya demi kemakmuran rakyat, kok malah diserahkan ke asing!? "Dzalim" karena dengan menaikkan harga BBM maka penderitaan rakyat -yang tidak pernah disejahterakan ini- semakin bertambah-tambah!

    Solusi: Tegakkan Syariah dan Khilafah!

  146. berapapun harga BBM yang penting semua kalangan masyarakat dapat menjangkaunya, baik secara finansial maupun jarak dan jangkaua. semua lapisan dan elemen masyarakat harus memiliki kesadaran BBM dinegara kita harus dimanfaatkan untuk produktivitas bangsa kita..

  147. kalau di analisa dari tahun ke tahun harga BBM itu naik terus-terusan, namun disisi lain pula kendaraan yang menggunakan BBM itupun juga meningkat, itu berarti rejeki bukan diatur oleh harga BBM,

  148. meskipun banyak pro dan kontra namun akhirnya pemerintahlah yang berkuasa, semoga saja di tahun 2014 nanti rakyat indonesia mampu memilih pemimpin yang mengerti kebutuhan, rakyatnya

  149. kita harus bijak , pantaskah bbm naik?
    thanks gan informasi bermanfaat

  150. wahh....nice ifo sob...
    meski kita tak seju untun BBM nai... tapi pemerintah tak peduli dengan saran kita :P :)

  151. sudah pasti BBM akan naik tiap tahun nya. karena indonesia ikut NYMEX, disana minyak dunia diatur regulasi, dan tidak bisa dijual bebas. seandai nya indonesia ikut cara nya brazil, korea, atau iran. pasti indonesia sampai saat ini masih menjdi eksportir minyak bumi sperti dulu

  152. Walaupun bbm tidak disubsidi lagi itu gak berpengaruh
    kalau penghasilan kita seimbang dengan pengeluaran, betul gak gan? heeheee

  153. kalau tau bbm ujung-unjungnya naik, aturan dari dulu ajah naik.
    bbm udah gak bersubsidi, penghasilan cuma naik berapa persen doank weleh-weleh @_@

  154. BBM udah gak bersubsidi, hmmm gimana yahhh...
    sama ajah kayaknya mau naik atau enggak :D

  155. inilah indonesia, yang sebagian orang mengatakan indonesia adalah negeri "bebek" yang selalu tunduk pada kekuasaan asing penjajah.
    sampai harga minyak indonesia belum sama dengan harga minyak dunia BBM tidak akan turun, malah akan naik-naik dan naik terus, padahal indonesia adalah negara yang kaya akan minyak, ironis.

  156. makasih infonya gan.... salam blogger... di tunggu kunbalnya,,,,..

  157. kini BBM Indonesia hanya milik SBY. bagaimana tidak, saat sudah ada genderang pemilu maka BBM dinaikkan dan saat akan mencoblos capres maka BBm diturunkan seakan menjadi politik uang yang disahkan.

  158. Thanks gan, informasinya sangat bermanfaat. mampir yang di blog ane.

  159. mdh2n rakyatnya tetap sejahtera wlopun bbn.y naik

  160. Indonesiaku...indonesia yang malang, rakyat berharap kepada pemimpin agar diberikan jalan bukan sogokan...tapi bagaimanapun juga semoga negeri kita ini menjadi negara yang maju apapun yg terjadi...rakyatnya mampu mandiri...

  161. bbm naik ya barang naik juga kang .....waduh

  162. makasih informasinya
    salam sehat selalu .

  163. informasinya sangat informatif .. :)

  164. makasih yah atas infonya,salam bloggers..

  165. artikel yang sanagt bagus, dam mengandung banyak makna, serta informasi, terimakasih gan

  166. artikel yang sanagt bagus, dam mengandung banyak makna, serta informasi, terimakasih gan

  167. yang harus diperbaiki adalah system dan aturannya, krn selama ini aturan dan systemnya mempermudah orang menyelundupkan BBM

  168. informasinya menarik sekali

  169. terima kasih banyak atas infonay

  170. terima kasih atas artikelnya,,,

  171. Izin nyimaknya gan...
    ternyata banyak pelajaran yang saya dapatkan...
    Semoga bermanfaat dan sukses

  172. Infonya keren dan bermanfaat
    Terimakasih banyak atas infonya
    semoga makin sukses

  173. makasih infonya bagus banget,,,, sukses selalu,,, :D

  174. memamnhg ada penyelundup gan , orang2 yang tinggal di timur leste itu menyelundu kje daerah ttangga dulu sempat ada beritanya

  175. Terimasih udah share Infonya sob, sangat menarik Blognya, Mampir Juga di Blog ane, Cipto Junaedy
    Kebetulan Ane lagi Ikut Kontes seo, Cipto Junaedy, salam kenal ya sob..

  176. bener gan. banyak penawaran bisnis ilegal ini kesaya

  177. Trimakasih gan, informasi yang sangat bermanfaat, saya akan coba kembangkan dan akan saya akan coba pelajari.

  178. memikirkan urusan BBM memang pusing.

  179. kunjungan sore salam hangat nih..
    bermanfaat banget infonya..

  180. heran juga ya dengan kondisi bangsa ini, saat masyarakat baru mulai pulih dari keterpurukan ekonomi eh harga bbm naik, tdl naik, bukan salah orang pasar kalo harga sembako juga ikut naik, bukan salah kaum buruh berdemo minta kenaikan upah. seharusnya bangsa ini belajar dari pengalaman lalu dan mau belajar dari negara lain. kenaikan mungkin saja harus tetap dilakukan guna menginbangi kebijakan yang berhubungan dengan keberlangsungan ekonomi bangsa. namun terkadang cara yang dilakukan tidak terlebih dahulu melalui sebuah proses persiapan agar masyarakat lebih siap dengan adanya dampak kenaikan harga itu sendiri.

  181. infonya bagus dan membantu...nanti saya mau share via fb dech....makasie..!!!

  182. Ngomongin soal bbm ,dari dulu sampe sekarang bikin ribut semua orang,,mending kalo bbm naek penghasilan perkapita penduduk negri ini naik juga..Faktanya ?

  183. BBM sudah naik, bareng waktunya sama menjelang puasa dan lebaran. harga-harga ikutan naik. Kasihan rakyat kecil, BLSM gak ada artinya.

  184. informasinya menarik sekali

  185. nice post gan.,.,.,

  186. ikut nyimak artikelnya mass, makasih

  187. yang harus diperbaiki adalah system dan aturannya, krn selama ini aturan dan systemnya mempermudah orang menyelundupkan BBM

  188. Nice info gan :*

  189. Pemerintah emeng sangat tidak peduli sama rakyatnya,
    kita sudah merasakannya walau sekarang ada BLSM itu menurut saya tidak bisa melatih masyarakatnya...

  190. salam buat kk admin yang nulis ini. semoga sukses dan maju selalu dalam blogging nya..

  191. bener banget tuh, tapi mau gimana lagi kalau bbm sudah naik.

    mau bertindak tetep aja di naikin kan.

    :(

  192. sebelum naikan BBM sehrusnya pemerintah itu liat dlu kndisi rakyat jgn asal naikin aja

  193. sebelum menaikan bbm sehrusnya pemerintah itu liat dlu kndsi rakyatnya

  194. BBM memang naiknya sedikit,tetapi efek nya sangat luar biasa,dengan BBM naik maka sudah dipastikan semua kebutuhan akan ikut naik.

«Oldest ‹Older   1 – 200 of 310   Newer› Newest»

Post a Comment

- Blog ini DoFollow tapi dimoderasi.

- Silahkan gunakan Name Author sebagai Keyword karena Link Live tidak diperkenankan.

- Link taruhan & lendir tidak diperkenankan.