Skip to main content

Cek Kolom Komentar Dengan Tes Komentar

Membuat template itu sebisa mungkin bisa berfungsi dengan baik di semua browser yang umum digunakan, baik itu pake Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, Opera maupun Safari (5 browser ini yang biasa saya gunakan untuk mengecek kevalidan dari template yang saya buat).

Disamping itu juga, ukuran template juga harus sesuai ketika template tersebut digunakan.
Salah 1 untuk mengecek ukuran template pada kolom komentar yaitu dengan melakukan tes komentar pada tempate tersebut. Ukuran tinggi kolom komentar pada template2 bawaan blogger adalah 410px.

Sebelum saya posting ini, saya coba cek template buatan saya untuk testing komentar. Saya login Blog make Mozilla Firefox. Template yang jadi bahan tes untuk komentar adalah Template Petak Umpet. Ukuran kolom komentar sudah saya edit n ganti menjadi 250px dengan settingan komentar yaitu Embedded below post dan Show word verification for comments? adalah Yes. Sebagai admin (dalam posisi login), tes komentar pada tempate berjalan baik dan tidak ada hambatan baik itu ketika komentar dengan akun Blog maupun Name/URL bahkan Anonymous. Postingan komentar juga langsung terpublish saat itu juga dan tanpa verifikasi kode dulu.

Kemudian saya coba pake browser Google Chrome dan melakukan tes komentar lagi pada template yang sama, yaitu Template Petak Umpet memakai Name/URL. Apa yang terjadi?? Kolom komentar menjadi seperti dibawah ini. Ada kode verifikasi dan yang "lebih aneh" buatku tampak kolom komentar mempunyai scroll. (untuk IE juga sama)

Screenshot 1. Kolom komentar ukuran 250px

Lalu saya kembali ke Mozilla dan saya ganti ukuran tinggi komentar dari 250px ke 400px dan hasilnya seperti ini ketika saya coba komentar dalam posisi tidak login pake browser Google Chrome

Screenshot 2. Kolom komentar ukuran 400px

Sebenarnya gak masalah juga jika tampilan kolom komentar seperti pada screenshot 1 karena selera tiap blogger berbeda. Disamping itu, dengan screenshot 1, juga bisa mengirit tempat pada template seperti pada gambar di bawah ini.

Screenshot 3. Tampilan awal komentar ukuran 250px

Screenshot 3. Tampilan awal komentar ukuran 400px

Tetapi jika Blogger yang bersangkutan adalah blogger yang suka dengan tampilan "bersih" tanpa ada scroll, bisa tidak merasa nyaman untuk dirinya dan juga untuk pengunjung yang akan memberi komentar di blognya

Kejadian seperti diatas hanya terjadi jika settingan komentar di setting berada di bawah postingan dan ada verifikasi kode kalo mau kasih komentar.

Jika sobat telanjur memilih dan suka settingan komentar berada dibawah postingan dengan verifikasi kode dulu tetapi tidak ingin tampilannya seperti pada screenshot 1, sobat tinggal ganti ukuran tinggi komentar menjadi 400px. Caranya :

- Masuk ke Layout, trus edit HTML.
- Jangan lupa centang Expand Widget Templates
- Cari kode di bawah ini

<iframe allowtransparency='true' class='blogger-iframe-colorize blogger-comment-from-post' frameborder='0' height='410' id='comment-editor' name='comment-editor' src='' width='100%'/>

- Ganti ukuran yang berwarna merah sesuai keinginan sobat.
- Simpan

Cara ini juga bisa untuk mengatasi kolom komentar dimana harus pencet TAB pada keyboard untuk masuk ke button Poskan Komentar

* Ukuran tinggi 400 adalah ukuran minimal komentar tidak mempunyai scroll dengan browser Firefox. IE maupun Chrome. (saya coba pake 380, Firefox dan Chrome beres tapi IE tidak)

Popular posts from this blog

Jaman Sekolah Dulu vs TimNas Senior

Melihat TimNas Senior sekarang, jadi teringat ketika jaman masih sekolah dulu. Cukup sederhana tapi ada benarnya dan saia merasakan itu. Semua itu gak lepas dari gimana cara mengajar guru, memberikan pemahaman akan pelajaran kepada anak muridnya.

Ketika kita suka dan senang dengan cara mengajar guru, suka dengan cara memberi pemahaman pelajaran, kita akan lebih semangat dalam belajar. Dan untuk pelajaran yang susahpun apabila cara guru menerangkan dan memberi pemahamanan secara tepat, pelajaran itu gak kan terasa sulit dan susah.


Kekalahan 4-0 dari Qatar tadi malam membuat peluang TimNas untuk melangkah ke babak berikutnya kualifikasi Piala Dunia Brasil 2014 tertutup. Mungkin hal ini sudah diprediksi sebelumnya tapi yang jadi masalah selama saia mengikuti perkembangan dari pertandingan pertama, semangat dan jiwa petarung pemain TimNas tidak ada !! Ada apa ini?? Siapakah yang patut disalahkan?? Pemain?? Dalam hal ini adalah pelatih. Kenapa??

Seperti yang sudah saya tulis diatas, sebuah a…

Oslanis Blogger Template

Salam.. Setelah kemarin rilis Axorys Blogger template, berikut ini template Blogger terbaru dari saya. Saya beri nama Oslanis Blogger Template. Secara khsusus, Oslanis Blogger template cocok untuk blog bertema fashion tapi bisa juga untuk semua tema.

Fitur Oslanis Blogger TemplateFully responsive Blogger templateMendukung Template Designer warna latar, gambar latar dan juga warna latar widget sidebar. Untuk variabel lainnya, bisa diedit via Edit HTMLMendukung browser yang umum dipakai oleh user.Mendukung konten slider.Responsive dropdown menu.Responsive video.Mendukung font icon from Font Awesome.WidgetableRelated posts dengan thumbnail.3 column footerAuto crop thumbnail dengan ukuran yang proporsional tidak ditarik/diregangkanRecent post and komen dengan thumbnailMendukung iklandan lainnya
Lihat juga :
Axorys Blogger Template. A Blogger template dengan 8 predefined styles.

Untuk setting dan download, silahkan menuju ke postingan Oslanis Blogger template ini.

Enaknya blog Do-Follow

Blog do-follow, saya kira sobat2 terutama yang sering mampir ke sini sudah tau apa itu blog do-follow. Banyak blogger yang berburu blog dofollow untuk mendapatkan backlink. Gak sedikit juga yang ngeposting soal kerugian blog dofollow. Komen2 yang masuk di blog dofollow pun kadang kala gak nyambung dengan isi postingan.

Tapi disamping kerugian yang didapat, ada juga kelebihan. Salah 1 kelebihan dari blog dofollow yaitu mendapatkan backlink dari postingan blogger lain yang membuat postingan soal daftar2 blog do follow.

Yupp.. Bener sekali. Gak sekali saya menemukan alamat blog ini tercantum di postingan blogger lain. Ada yang melink-kan langsung dengan nama sama sesuai url blog ini, ada juga dengan nama Blogcenti. So, gak perlu repot2 tebar link walopun anchor link nya nama blog atau alamat url blog itu sendiri.
Saya kira, sobat2 yang sering mampir kesini juga mendapatkan alamat blog ini dari salah 1 postingan di blog orang.

Walopun blog ini dofollow tapi blog ini punya aturan dan yang m…