Skip to main content

Mati Ide Untuk Buat Template Baru

blogger templateMembuat template blog itu bagi saya, mudah dan cepet. Disamping saya sudah punya master template yang siap diutak-utik baik itu warna, layout, ukuran, tambahan widget dll. Toh template blog itu hanya seperti itu2 juga. 1 kolom, 2 kolom, 3 kolom, sidebar dikanan, sidebar dikiri. Kolom pada footer. Header yang mempunyai 2 kolom atao bahkan lebih ditambah feature widget kalo perlu. Edit ukuran sana sini. Ya.. template blog itu cuma itu2 aja.

Permasalah bukan pada yang saya ungkap diatas tetapi lebih pada desain template itu. Dasarnya adalah sama. Misal 2 kolom tetapi tapi yang membedakan antara template yang satu dengan template yang lain (termasuk juga para pembuat template blog) adalah desain. Gimana menciptakan suatu desain template dengan 2 kolom tapi bisa menjadi menarik hasilnya dilihat dari segi warna dan background. Itu yang membuat lama dan kadang mpe berhari2, seperti saya, hehehehe..

Warna : warna disini mewakili template itu sendiri. Apakah warnanya sama semua atau beda ditiap komponen template, entah itu di header, main post, sidebar maupun footer

Background : background yang saya maksud adalah gambar. Baik itu gambar template secara keseluruhan atau pada bagian tertentu seperti pada judul post, judul sidebar, background header, background footer.

Penggunaan background sendiri bisa dikatakan penting karena fungsi dari background bagi saya sebagai pemanis tampilan. Berbeda dengan hanya memakai warna saja. Template 2 kolom dengan warna dasar putih polos akan berbeda hasil dan penilaian jika ditambah dengan background baik itu sebagai background utama blog atau hanya pada bagian tertentu. Hal ini sama seperti makanan. Jika makanan tersebut disajikan dengan tampilan yang menarik, dihias, tentunya orang2 mempunyai hasrat untuk mencicipi walopun rasanya bisa jadi asin ato malah pait dan mungkin bahan dasar dari makanan itu hanya tempe dan tahu saja. Itulah pentingnya background buat saya.

Disinilah kelemahan saya dalam membuat template. Saya tidak bisa menggambar. Tidak bisa menciptakan suatu imajinasi bagaimana membuat background yang bagus untuk template2 buatan saya. Bahkan, untuk bakcground pada judul sidebar saja, saya sulit menemukannya. Jika sobat perhatikan template2 buatan saya. Hampir semuanya cuma maen warna.

Kalo untuk desain template sendiri, alhamdulillah, saya masih punya banyak stok. Apakah templatenya nanti akan saya kasih feature widget. Template 3 kolom pada halaman utama ato yang lain. Semua sudah tergambar jelas dikepala. Tinggal realisasinya. Masalahnya, gimana menciptakan template yang enak diliat mata dengan perpaduan warna yang pas (dan tambahan background kalo perlu) itu yang sulit buat saya dan itu pula yang menjadikan membuat template blog itu lama bagi saya. Termasuk sebelum postingan ini. Saya lagi buat template blog baru tetapi saya mati ide dalam hal warna dan background kalo perlu. !! dan akhirnya tidak saya lanjutkan buat template barunya dan malah tercipta postingan ini, hehehehe..

Masukkan dari sobat sangat saya harapkan. Terimaksih


Note :
- Download free blogger template made in ireng_ajah

Popular posts from this blog

Jaman Sekolah Dulu vs TimNas Senior

Melihat TimNas Senior sekarang, jadi teringat ketika jaman masih sekolah dulu. Cukup sederhana tapi ada benarnya dan saia merasakan itu. Semua itu gak lepas dari gimana cara mengajar guru, memberikan pemahaman akan pelajaran kepada anak muridnya.

Ketika kita suka dan senang dengan cara mengajar guru, suka dengan cara memberi pemahaman pelajaran, kita akan lebih semangat dalam belajar. Dan untuk pelajaran yang susahpun apabila cara guru menerangkan dan memberi pemahamanan secara tepat, pelajaran itu gak kan terasa sulit dan susah.


Kekalahan 4-0 dari Qatar tadi malam membuat peluang TimNas untuk melangkah ke babak berikutnya kualifikasi Piala Dunia Brasil 2014 tertutup. Mungkin hal ini sudah diprediksi sebelumnya tapi yang jadi masalah selama saia mengikuti perkembangan dari pertandingan pertama, semangat dan jiwa petarung pemain TimNas tidak ada !! Ada apa ini?? Siapakah yang patut disalahkan?? Pemain?? Dalam hal ini adalah pelatih. Kenapa??

Seperti yang sudah saya tulis diatas, sebuah a…

Oslanis Blogger Template

Salam.. Setelah kemarin rilis Axorys Blogger template, berikut ini template Blogger terbaru dari saya. Saya beri nama Oslanis Blogger Template. Secara khsusus, Oslanis Blogger template cocok untuk blog bertema fashion tapi bisa juga untuk semua tema.

Fitur Oslanis Blogger TemplateFully responsive Blogger templateMendukung Template Designer warna latar, gambar latar dan juga warna latar widget sidebar. Untuk variabel lainnya, bisa diedit via Edit HTMLMendukung browser yang umum dipakai oleh user.Mendukung konten slider.Responsive dropdown menu.Responsive video.Mendukung font icon from Font Awesome.WidgetableRelated posts dengan thumbnail.3 column footerAuto crop thumbnail dengan ukuran yang proporsional tidak ditarik/diregangkanRecent post and komen dengan thumbnailMendukung iklandan lainnya
Lihat juga :
Axorys Blogger Template. A Blogger template dengan 8 predefined styles.

Untuk setting dan download, silahkan menuju ke postingan Oslanis Blogger template ini.

Enaknya blog Do-Follow

Blog do-follow, saya kira sobat2 terutama yang sering mampir ke sini sudah tau apa itu blog do-follow. Banyak blogger yang berburu blog dofollow untuk mendapatkan backlink. Gak sedikit juga yang ngeposting soal kerugian blog dofollow. Komen2 yang masuk di blog dofollow pun kadang kala gak nyambung dengan isi postingan.

Tapi disamping kerugian yang didapat, ada juga kelebihan. Salah 1 kelebihan dari blog dofollow yaitu mendapatkan backlink dari postingan blogger lain yang membuat postingan soal daftar2 blog do follow.

Yupp.. Bener sekali. Gak sekali saya menemukan alamat blog ini tercantum di postingan blogger lain. Ada yang melink-kan langsung dengan nama sama sesuai url blog ini, ada juga dengan nama Blogcenti. So, gak perlu repot2 tebar link walopun anchor link nya nama blog atau alamat url blog itu sendiri.
Saya kira, sobat2 yang sering mampir kesini juga mendapatkan alamat blog ini dari salah 1 postingan di blog orang.

Walopun blog ini dofollow tapi blog ini punya aturan dan yang m…